Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Fakultas   /  Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan   /  PG PAUD

PG PAUD

Website : http://tarbiyah.unisba.ac.id/

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PG PAUD

Visi

Menjadi Prodi PG-PAUD Islami yang mandiri dan terkemuka di ASEAN tahun 2028

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan pendidik anak usia dini yang berakhlakul karimah dan memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional, sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan pemikiran dan gagasan baru bagi penyelenggaraan dan kemajuan PAUD yang Islami.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan pendidikan anak usia dini islami di berbagai setting.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PG-PAUD.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi guru/pengelola/tutor/entrepreneur Islami yang berakhlakul karimah dan memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid.
  2. Menghasilkan temuan ilmiah yang dapat dijadikan input, ide, gagasan baru yang bersifat teoritis maupun praktis untuk kemajuan PAUD Islami.
  3. Meningkatkan peran civitas akademika Prodi PG-PAUD dalam memajukan PAUD, baik formal, non formal, maupun informal.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PG-PAUD.

Profil Lulusan

  1. Mengenal anak usia dini secara mendalam dari berbagai aspek perkembangan
  2. Menguasai konsep dan skill pendidikan yang diperlukan untuk membantu tumbuh kembang
  3. Terampil dalam menyelenggarakan kegiatan bermain yang meliputi kemampuan:
    • Merancang kegiatan yang memicu perkembangan abak usia dini.
    • Mengimplementasikan kegiatan memicu perkembangan anak usia dini.
    • Menilai proses dan hasil kegiatan bermain sambil belajar.
    • Melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
  4. Merancang dan atau memanfaatkan alat bantu/media permainan yang memicu berbagai aspek perkembangan anak usia dini dengan mengedepankan kebebasan memilih, kreatif, serta tumbuhnya karakter islam.
  5. Mampu melakukan dan menggunakan hasil assessment perkembangan anak usia dini.