Unisba

International Office Karir | Sisfo | Halo Alumni !

Komhumas – Setelah dua tahun melaksanakan kegiatan pesantren secara online, Universitas Islam Bandung (Unisba) kini memulai kembali menyelenggarakan Pesantren Calon Sarjana secara offline di Kampus II Unisba Ciburial, Senin (26/9). Sebanyak 513 mahasiswa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pesantren Calon Sarjana terbagi ke dalam 3 sesi dan berlangsung dari tanggal 27 September – 5 Oktober 2022.

Kepala Bagian Pendidikan Agama Islam, Pesantren dan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Parihat Kamil, Dra., M.Si., mengatakan kegiatan pesantren merupakan kekhasan dan budaya Unisba untuk menghasilkan ulama yang intelek dan intelektual yang ulama. Beliau berharap, melalui kegiatan ini lulusan Unisba akan mampu menunjukkan sikap ketaqwaan kepada Allah dengan menginternalisasi nilai-nilai mujahid, mujtahid, dan mujaddid.

“Kegiatan pesantren merupakan tradisi Unisba untuk menampilkan ruhuddin sebagaimana tercantum dalam surat At-Taubah ayat 122 yang berbunyi. Tidak sepatutnya bagi mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya,”jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unsiba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH mengatakan pesantren mahasiswa merupakan kegiatan akademik yang wajib diikuti seluruh mahasiswa Unisba. Beliau menjelaskan, pesantren merupakan kegiatan akademik sehingga seluruh mahasiswa harus mengikutinya dengan baik sebagai persyaratan untuk lulus.

“Kegiatan pesantren mulai dari mahasiswa, sarjana, hingga dokter adalah kegiatan akademik yang sifatnya sama seperti saudara mengikuti mata kuliah lain. Jadi kalo saudara tidak lulus pesantren mahasiswa tidak mungkin bisa mengikuti pesantren calon sarjana. Saudara harus mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini. Ikuti dengan baik acara ini jangan menganggap sebagai syarat kelulusan tapi ambil setiap pelajaran yang diberikan,” ujarnya.

Kegiatan Pesantren Calon Sarjana Gelombang 1 Tahun Akademik 2021/2022 diikuti 513 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kedokteran 189 orang, Ekonomi dan Bisnis sebanyak (159), Hukum (56), MIPA (33), Fakultas Ilmu Komunikasi (28), Teknik (18) , Tarbiyah (13), Psikologi (8), Dakwah (5), dan Syariah 4 orang. Selama tiga hari melaksanakan kegiatan pesantren, para peserta mendapat berbagai materi dari narasumber yang meliputi Materi Membangun Ghiroh ke-Unisba-an Bagi Calon Sarjana, Placement Test Baca Tulis Al-Qur’an, Menyiapkan Generasi Pemimpin yang Berakhlakul kharimah, Tracer Stduy, Peluang Studi Lanjut Melalui Optimalisi Kerja Sama Unisba, Pemanfaatan Kerja Sama Nasional dan Internasional, Mengenal Diri Pribadi, Persiapan Menuju Dunia Kerja, Kiat Membuat Surat Lamaran (CV dan Wawancara), Kiat Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah, Bagaimana Mengurus Jenazah Sesuai dengan Sunnah Rasul, Fenomena Dunia Kerja Saat Ini, Praktek Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah 1, Praktek Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah 2, Motivasi “Meraih Hari Esok yang Lebih Baik”, Menggapai Hidup Bahagia, Parade Ceramah, Taffaqueh Fiddin 1, Taffaquh Fiddin 2. (Feari)



Translate »