Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Unisba dan KPK Kolaborasi Cegah Tindak Pidana Korupsi

Unisba dan KPK Kolaborasi Cegah Tindak Pidana Korupsi

KOMINPRO-Korupsi merupakan suatu bentuk kejahatan. Ironisnya, saat ini kasus korupsi makin marak dan meluas. Pelakunya sudah banyak tersebar dari berbagai kalangan. Sebagai langkah dalam mencegah dan memberantas korupsi khususnya dilingkungan pendidikan tinggi, Unisba menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) tentang Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan MoU oleh Rektor Unsiba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. dan Wakil Ketua Komisi KPK RI, Saut Situmorang di Gedung Rektorat Unisba, Kamis (15/08).

Dikatakan Rektor, pengaplikasian kerjasama ini dapat ditindaklanjuti melalui penerepan pendidikan antikorupsi untuk masuk kedalam kurikulum nasional pendidikan tinggi. “Pendidikan antikorupsi dengan bentuk mata kuliah atau berupa nilai-nilai antikorupsi masuk kedalam mata kuliah walaupun secara nomenklatur ada mata kuliah yang sudah menerapkan pendidikan moral dan budi pekerti ,” ungkapnya.

Untuk itu sinergi antara Unisba dan KPK menjadi salah satu faktor dalam pencapaian penerapan kurikulum pendidikan antikorupsi yang dapat diterapkan mulai pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Kerjasama ini meliputi tiga aspek yaitu Tri Dharma Pergurian Tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kerjasama ini merupakan perpanjangan dari kerjasama sebelumnya pada 2010.

Lebih jauh, jalinan kerjasama ini dapat diperluas melalui MoA dengan berbagai lembaga dan fakultas di Unisba yang memiliki kultur dan sinergi pendidikan antikorupsi atau melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Rektor berharap, kerjasama ini akan membawa pembaharuan sehingga dapat terus berkesinambungan dan memberikan  manfaat bagi Unisba, KPK dan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi KPK RI mengatakan, kerjasama ini merupakan komitmen Unisba dan KPK dalam menciptakan inovasi melalui pembangunan integritas mahasiswa pada bahaya laten korupsi.  Menurutnya membangun integritas mahasiswa dimasa depan yang dibentuk oleh perguruan tinggi akan menunjukan suatu perbedaan yang berarti.

Dinilainya, kolaborasi  ini juga menjadi studi langkah awal dalam mendorong mahasiswa untuk melakukan inovasi agar integritasnya tetap terjaga,(Eki)