Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Unisba Jalin Kerja Sama dengan MUI Jabar

Unisba Jalin Kerja Sama dengan MUI Jabar

KOMINPRO-Universitas Islam Bandung (Unisba) menjalin kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat tentang Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan. Penandatanganan MoU dilakukan  Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. dan Ketua Umum MUI Jabar, Prof. Dr. K.H. Rachmat Syafe’i, MA. di Gedung Rektorat Unisba, Senin (14/01) dengan disaksikan Sekretaris MUI Jabar, Drs. H.M. Rafani Akhyar, M.Si.  dan jajaran pimpinan Unisba yang terdiri dari Warek, Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Lembaga.

Rektor Unisba mengatakan, banyak potensi Unisba yang bisa dikerjasamakan dengan MUI Jabar. “Kita baru mendirikan pusat halal yang bisa berkontribusi dengan MUI Jabar, apa yang bisa dilakukan di lingkungan kampus dalam rangka sinergitas dengan MUI Jabar. LSIPK yang dalam awal pendiriannya diharapkan melahirkan berbagai fatwa dan kajian dari Unisba ini dan MUI sebagai lembaga independen bisa membimbing dan memberi arahan kepada kami dalam rangka menyebarkan fatwa kajian dan lainnya. Dan dari 18 Prodi yang kita miliki, juga memiliki potensi yang bisa dikerjasamakan dengan MUI Jabar,” ungkapnya.

Rektor berharap melalui MoU ini memperoleh berkah baik bagi Unisba maupun MUI Jabar dan mendatangkan kemaslahatan.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Jabar dalam sambutannya mengungkapkan, melalui MoU ini kesempatan bagi Unisba dan MUI Jabar sebagai  pengabdian untuk sharing penelitian, pengkajian dan pengabdian.

Di MUI Jabar, menurutnya, 12 komisi yang dimiliki berpotensi untuk dikerjasamakan dengan Unisba. “Ada komisi pengabdian kepada masyarakat. Ada komisi ukhuwah islamiyah. Ada komisi antar umat beragama, ini potensi untuk mengembangkan. Komisi pendidikan, bagaimana pendidikan mujahid, mujaddid dan mujtahid di jaman sekarang akan nyambung tidak akan berbeda, juga komisi lainnya,” ungkapnya.

Dikatakannya Unisba dan MUI Jabar memiliki kedekatan dan keterikatan saudara sekandung dalam membangun Islam untuk kehidupan Islami. Pelaksanaannya dapat dilihat dari istiqomah dalam dakwah dan santun dalam bermuamalah terhadap pihak lain.

Lebih jauh, Unisba dan MUI Jabar juga merupakan satu pandangan untuk meningkatkan semangat pengabdian secara lembaga yang masih satu perjuangan, “Karena dulu MUI Jabar dipegang Rektor Unisba, KHZ Mutaqqien, ini kesempatan kita untuk meneruskan orang tua kita. Ada suatu kaidah meneruskan lebih mudah dari pada memulai
walaupun banyak tantangannya,” ujarnya. MoU ini, lanjutnya,  diharapkan menjadi berkah dan ragi untuk menambahkan semangat pengabdian di masyarat termasuk Unisba.(Eki/Sari)