Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

KOMINPRO – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Islam Bandung (Unisba) menyelenggarakan workshop penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) di Student Center, Unisba. Kegiatan yang digelar Senin (3/8) ini diikuti oleh 15 dosen yang sebelumnya telah mengikuti workshop penyusunan skema bulan lalu. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mewadahi dosen dari setiap prodi dalam mengembangkan kemampuannya melakukan uji kompetensi.

Master Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Hendi Rudiansyah mengatakan, setelah dilakukan peninjauan skema, para peserta harus membuat perangkat uji yang memenuhi Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).  Dalam menyusun MUK, para peserta akan diberikan waktu 10 hari dan diberikan bimbingan langsung olehnya dan Master Asesor BNSP Endang Irwansyah.

“Salah satu tantangan yang harus dihadapi peserta yaitu harus menyelesaikan MUK dalam waktu relatif cepat sehingga tentu dibutuhkan kerja keras. Agar dapat berjalan sesuai target, kami tidak hanya memberikan bimbingan langsung pada hari ini tapi juga akan membantu mengarahkan melalui whats’app selama beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Hendi menerangkan, setelah MUK berhasil divalidasi, para peserta selanjutnya harus menguji perangkat assement kepada rekan sejawat dengan latar belakang pendidikan yang sama. Hal ini dilakukan untuk memastikan perangkat assement yang disusun, sudah memenuhi standar dan komprehensif untuk dijadikan unit dalam skema yang nantinya akan diujikan kepada mahasiswa. (Feari)



Tinggalkan Balasan

Translate »