Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Kemahasiswaan Unisba Umumkan Hasil Tracer Study 2020

Kemahasiswaan Unisba Umumkan Hasil Tracer Study 2020

KOMINPRO – Dalam rangka penyampaian laporan hasil pelacakan lulusan Unisba (tracer study)  tahun akademik 2013/2014 s.d. 2017/2018 sebagai langkah dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi serta upaya pelaksanaan pemeringkatan bidang kemahasiswaan dan alumni, Bagian Kemahasiswaan, Alumni, dan Peningkatan Ruhul Islam Unisba menggelar Diseminasi Tracer Study  2020 di Aula Unisba, Selasa (21/7).

Dari pelaksanaan tracer study yang telah dilakukan kepada alumni seluruh fakultas dilingkungan Unisba  selama kurun waktu lima bulan kebelakang, diperoleh hasil sebanyak 4.699 responden atau 60,24% partisipasi dari total 7.800 alumni terdaftar.  Sementara untuk perhitungan setiap fakultas, hanya 2 fakultas yang memperoleh hasil dibawah 50% yaitu Fakultas Ilmu Ekonomi dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., M.H., mengatakan, hasil tracer study ini sudah melebihi target, walaupun terdapat dua fakultas berada dibawah 50%. “Saya kira fakultas yang belum mencapai 50%, tolong diusahakan lagi untuk lebih giat dimasa yang akan datang sebab jumlah alumni akan semakin banyak. Saya kira itu sangat penting untuk terdata,” jelasnya.

Rektor menuturkan, tracer study sangat penting tidak hanya bagi universitas saja tapi juga fakultas untuk pemetaan alumni dengan tujuan agar data alumni tertata secara tertib dan akurat. Untuk itu, menurutnya, diperlukan kesadaran antara universitas dan fakultas agar saling mendukung dalam melaksanakan tracer study sehingga tercapainya kepentingan bersama.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, perbaikan harus selalu dilakukan secara  terus menerus dalam mengelola tracer study  agar alumni selalu terdata. “Jangan sampai kita bekerja hanya sporadis. Kalau ada akreditasi,  ada pemeringkatan atau ada pelaporan baru kita mencari data. Jangan kendor. Semuanya harus berjalan tertib dan terdata dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unisba, H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si., memberikan apresiasi kepada seluruh fakultas yang telah memperoleh data alumni melalui perjuangan dan berbagai strategi yang dilakukan.“Memang diperlukan strategi-strategi supaya para alumni dapat tertarik, seperti melalui hastag Rektor Ngagupay, dan berbagai hadiah untuk Para Responden.  Dan mereka bersemangat mengisi data,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, diserahakan pula berbagai hadiah undian menarik berupa Laptop, TV 32”, Smartphone, Sepeda Lipat, Hardisk 1TB, Action CameraSmartwatch Xiaomi dan voucher Gopay senilai Rp. 150.000,- kepada para responden tracer study yang beruntung. Selain itu, apresiasi penuh juga diberikan kepada 7 Fakultas yakni Fakutas Syariah, Tarbiyah & Keguruan, Hukum, Psikologi, Mipa, Teknik dan Kedokteran atas keberhasilannya menghasilkan data Tracer Study di atas 60%. (Yusuf/Eki)

Translate »