Unisba

International Office Karir | Sisfo | Halo Alumni !

HUMAS – Keluarga Mahasiswa Manajemen Komunikasi (KMMK) Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Studium Generale dengan tema “Build Your Mankompreneurship Spirit” pada Kamis, 4 Juni 2015 di Aula Utama Unisba. Tujuan dari Studium Generale yang selalu diadakan setiap tahun ini adalah untuk memperkenalkan Bidang Kajian Manajemen Komunikasi kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2014 yang akan penjurusan.

Dalam Studium Generale, hadir Dr. Oji Kurniadi, M. Si. selaku Wakil Dekan I Fikom, Dr. Ike Junita, M. Si. selaku Ketua Bidang Kajian Manajemen Komunikasi, dan dosen-dosen Fikom Unisba. Pada kesempatan kali ini, Studium Generale yang dimoderatori oleh Rizki Ramadhan menghadirkan dua bintang tamu, yaitu Hedi Rusdian selaku President of Fourspeed Metalwerks dan Keenan Pearce selaku Founder of Euphoria Project Creativepreneur.

Hedi Rusdian mengawali usahanya dengan membuat jaket dan kaos kelas, lalu menjual jam karet, menjual kaos clothing, sempat menjadi sales kosmetik, dan menjadi kurir konveksi. Hedi memulai bisnisnya sejak SMP dikarenakan keinginannya untuk memiliki uang saku lebih agar bisa bermain dengan teman-temannya. Pada tahun 2005, Hedi membuat aksesoris yang terbuat dari logam, seperti cincin, kalung, kepala sabuk. Namun usahanya tidak berjalan dengan mulus, walau sudah diberikan diskon, karyanya masih sepi peminat. Karena ia melihat kesempatan, peluang, dan hasil yang ia ciptakan, ia merasa yakin bahwa usahanya akan berkembang. “Segala sesuatu yang dikerjakan harus sesuai dengan passion.” kata Hedi. Dan sampai saat ini, Fourspeed sudah terkenal ke berbagai negara di dunia.

Sedangkan Keenan Pearce yang suka berimajinasi, ia memulai bisnisnya karena ia berpikir bagaimana ia bisa membuat imajinasinya menjadi nyata. “Satu-satunya sumber daya usaha yang tidak akan pernah habis adalah imajinasi.” kata Keenan. Mengapa ia memilih menjadi entrepreneur? Karena ia ingin mengubah dunia. “Entrepreneur bukan profesi, tetapi adalah gaya hidup karena kita sebagai entrepreneur menghabiskan waktu 24/7 untuk memikirkan usaha yang kita miliki.” tambah Keenan.

Cara mendapatkan ide kreatif adalah mendengarkan orang lain. Filter dan prioritaskan apa yang didengar untuk menyatukan realitas dan kreativitas. Aksi merupakan kunci. Sebuah ide akan menjadi sesuatu yang besar apabila dibarengi dengan aksi. (Fuad/Putri/Dwi)



Tinggalkan Balasan

Translate »