Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  PT Dituntut Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Tinggi

PT Dituntut Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Tinggi

Dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”  Yogyakarta, Dr. Ir. Barlian Barlian Dwinagara. M.T, saat menyampaikan materi dalam seminar bertema “Peran Komunikasi dan Jalinan Kerjasama dalam dan Luar Negeri untuk Pendidikan Perkembangan Indonesia yang Berkualitas”, yang dilaksanakan di Aula Utama Unisba, Jum’at (27/07).

KOMINPRO-Setelah melewati era mekanisasi dan otomasi, dunia industri kini telah memasuki era revolusi 4.0 atau lebih dikenal dengan era digitalisasi. Seiring dengan berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat,  Perguruan Tinggi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang bekualitas dan memiliki daya saing tinggi. Karena jika tidak, berbagai lulusan dari Universitas harus siap tertinggal dan tergantikan keberadaannya oleh mesin atau teknologi.

“Di era digitalisasi ini, ada tugas terhadap sistem pendidikan yang menjadi tanggung jawab kita. Saat ini semua perkembangan mengarah ke digitalisasi. Mungkin ke depan berbagai industri akan meminimalisir SDM dan  lebih mengandalkan jaringan dan internet yang lebih kuat,” demikian disampaikan Wakil Rektor (Warek) I Unisba, Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D saat memberikan sambutan dalam acara Workshop dan Temu Nasional yang digelar Forum Komunikasi Program Studi Teknik Pertambangan Indonesia, di Student Center Unisba, (27/07). Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka merumuskan standarisasi mata kuliah “Permodelan dan Estimasi Sumber Daya dan Cadangan Material & Batu Bara”. Kegiatan ini dihadiri 41 Prodi Pertambangan se-Indonesia.

Lebih lanjut Warek I mengatakan, berdasarkan hasil penelitian Forum Eknomi Dunia ada beberapa soft skill yang wajib dimiliki oleh para lulusan Universitas dalam menghadi era digitalisasi saat ini, yakni problem solving, kreativitas dan inovasi, communinacation skill, leadership, serta kemampuan emosional dan adaptilitas yang baik. “Mudah-mudahan dalam workshop mata kuliah ini, bisa menghasilkan formula yang lebih merespon ke era disrupsi sehingga lulusan kita nanti akan memiliki kemampuan tersebut,” ujarnya.

Warek I menyatakan dukungannya pada kegiatan ini dan berharap, para peserta yang hadir mampu menghasilkan formula yang tepat bagi perencanaan mata kuliah di program studi Teknik Pertambanga

Setelah workshop berakhir,  kegiatan dilanjutkan dengan seminar bertema  “Peran Komunikasi dan Jalinan Kerjasama dalam dan Luar Negeri untuk Pendidikan Perkembangan Indonesia yang Berkualitas”, yang dilaksanakan di Aula Utama Unisba. Narasumber dalam seminar ini antara lain dosen  ITB, Dr. Eng., Ganda M. Simangunsong, S.T., M.T. dan dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”  Yogyakarta, Dr. Ir. Barlian Barlian Dwinagara. M.T . (Feari/Sari)