Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Karya   /  Psikologi dalam Epistemologi Islam

Psikologi dalam Epistemologi Islam

Psikologi sebagai disiplin ilmu, dalam telaahannya tidak akan terlepas dari dasar filosofi bagaimana manusia dipahami. Sebagaimana halnya psikolanalisa (Sigmund Freud) memandang perilaku manusia itu ditentukan oleh kekuatan irrasional yang tidak disadari dari dorongan biologis dan dorongan naluri psikos-ksual tertentu pada lima tahun pertama. Behaviorisme memandang manusia sebagai pemberi respons dari hasil proses pengkondisian (conditioning) yang telah terjadi. Aliran humanistik berasumsi bahwa pada dasarnya manusia memiliki potensi-potensi yang baik, dan memandang manusia sebagai makhluk yang sadar dan mandiri.

Sedangkan dalam perspektif Islam manusia dipandang sebagai makhluk istimewa dengan berbagai potensi yang dimilikinya, karena Allah swt menciptakan manusia sebagai kandidat khalifah di muka bumi. Dan sebagai kandidat khalifah manusia sejak lahir telah diperlengkapi oleh berbagai instrumen yang akan mampu mendudukan manusia sebagai khalifah, terutama adanya kekuatan yang luar biasa adalah memiliki akal. Dengan potensi dari akalnya, manusia akan mampu mengembangkan daya nalar dan berpikir rasional, sehingga ia akan dapat memerankan dirinya sebagai khalifah di muka bumi.

Dr. Umar Yusuf, Drs., M.Si. sebagai dosen Fakultas Psikologi Unisba bidang Psikologi Klinis dan Psikologi Sosial, dengan pangkat Lektor kepala Madya. Pengalaman mengajar yaitu sejak tahun 1977 sebagai asisten psikologi kepribadian. Saat ini mengajar pada program Sarjana dan Program Pasjasarjana Program Studi Psikologi Unisba. Pengalaman organisasi pernah menjabat Dekan Fakultas Psikologi Unisba untuk masa jabatan 2006-2010 dan 2010-2014. Saat ini menjabat Kepala Pusat Pelayanan Psikologi dan Pengembangan Kepribadia (P4K) Universitas Islam Bandung (diambil dari sampul belakang buku Psikologi dalam Epistemologi Islam karya Dr. Umar Yusuf Drs., M.Si.)

Judul buku : Psikologi dalam epistemologi Islam
Penulis : Dr. Umar Yusuf, Msi.
Kota terbit : Bandung
Penerbit : P2U LPPM UNISBA
Tahun : 2014
ISBN : 978-979-8634-55-0
Jumlah halaman: xii, 302 hlm.