Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Prodi Manajemen Unisba Gelar Pameran Inovasi Produk Kewirausahaan

Prodi Manajemen Unisba Gelar Pameran Inovasi Produk Kewirausahaan

Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar acara Student Creativity yang menampilkan berbagai produk usaha karya mahasiswa. Acara yang digelar setiap tahun ini merupakan event puncak dari mata kuliah Workshop Kewirausahaan yang diampu mahasiswa semester tujuh Prodi Manajemen Unisba. Pameran bertajuk “Socio Enterpreneur Supporting Your Local Product” menampilkan 48 produk mulai dari makanan, minuman, baju, dekorasi ruangan, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari di Aula Utama Unisba, (18/12).

Ketua Prodi Manajemen Unisba, Dr. Suwarsi, S.E., M. Si., CGA., mengatakan, sebelum menampilkan karyanya para mahasiswa telah mengikuti proses bimbingan dengan dosen selama satu semester. Kegiatan tersebut meliputi pencarian ide, penyusunan proposal, riset bahan baku, dan test market. Sebagai upaya dalam menanamkan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri, mahasiswa juga diwajibkan untuk menggunakan bahan baku lokal.

“Produk mengarah kepada bahan baku lokal seperti ice cream dari singkong misalnya. Pameran Ini adalah jenis pendidikan kekinian karena mereka bukan hanya belajar teknik menjual tapi juga membuat produk yang luar biasa,”ujarnya.

Dr. Suwarsi berharap, melalui kegiatan ini para mahasiswa tidak hanya termotivasi untuk sekedar mendapatkan nilai tapi juga berani memulai usaha. Menurutnya, generasi milenial memiliki peluang yang lebih besar dalam berwirausaha dengan memanfaatkan berbagai kecanggihan teknologi.

“Berawal dari ide sederhana, kami berharap mahasiswa bisa merealisasikannya menjadi sebuah bisnis serius. Untuk menjembatani hal tersebut kami juga mulai melakukan pendekatan dengan berbagai lembaga seperti Kadin Jabar dan PUM Netherlans sebagai upaya dalam pendampingan,”katanya.

Pada kesempatan tersebut Prodi Manajemen Unisba juga menghadirkan tiga orang pakar yang didaulat menjadi narasumber sekaligus dewan juri yakni, Representative PUM-Bandung,  Agung Irianto, Strategic Region Head (SrVP) GO-JEK, Becquini Akbar, dan President PT. Best Brand Indonesia, Bhakti Desta Alamsyah. Hadirnya ketiga narasumber tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa yang berniat serius untuk menekuni dunia wirausaha. (Feari)