Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

dr. R. Anita indriyanti, M.Kes. (Dosen Fakultas Kedokteran Unisba) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK Unisba) di usianya yang menginjak 10 tahun dan pada saat ini sudah menyandang predikat Akreditasi B sejak tahun 2013, terus bebenah diri dengan berbagai upaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikannya  serta lulusannya agar memiliki kompetensi yang baik dan setara dengan perguruan tinggi lainnya yang sudah maju.

Berbagai program tengah dilakukan untuk meningkatkan mutu kualitas proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran UNISBA, seperti  pembangunan  sarana dan prasarana  gedung baru yang memiliki bangunan delapan lantai, peningkatan kualitas para tenaga pengajar dengan mengadakan berbagai pelatihan dan menyekolahkan kembali para dosen, serta  pengembangan kurikulum baru pendidikan  kedokteran.

Salah satu mata kuliah dalam kurikulum baru ini merupakan ciri khas Kedokteran UNISBA yakni Blok Kegawatdaruratan dan Dissaster Relief Medicine (DRM). Dilatarbelakangi oleh keadaan  geologis Indonesia yang sangat rentan akan terjadinya bencana seperti  gempa bumi, tanah longsor, tsunami dan yang lainnya, maka dirasakan perlu untuk membentuk tim khusus yang memilki latar belakang medis sebagai tenaga dokter yang ditambah dengan keterampilan untuk penanganan berbagai keadaan darurat dan bencana alam.

Pelatihan mengenai Kegawatdaruratan dan Dissaster Relief Medicine(DRM) ini telah dilakukan sejak tahun 2012, yaitu pemberian pembekalan terhadap mahasiswa FK UNISBA tingkat tiga, dengan berbagai materi mengenai Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support), Triage (Penilaian kondisi korban), penanganan evakuasi korban, manajemen bencana, manajemen rumah sakit lapangan dan dapur umum, penanggulangan psikis korban trauma, kegawatdaruratan traumatologi dan ortopedi, yang semuanya disampaikan oleh narasumber yang memiliki kualifikasi nasional serta di supervisi oleh para dokter spesialis ahli yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Pelatihan bersama di lapangan juga sudah dilakukan bersama dengan Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS), Malaysia dengan pelatihan bersama yang diadakan di Jonggol, Bogor dan Selangor, Malaysia sepanjang 2013 dan 2014.  Diharapkan dengan adanya program ini makin meningkatkan kualitas pendidikan dokter di FK UNISBA, agar menjadi individu yang siap pakai sebagai tenaga medis yang sigap dan memiliki keterampilan lebih dalam penanganan berbagai keadaan darurat maupun keadaan tanggap bencana. Ke depannya diharapkan  dengan program ini, dapat dibentuk tim yang dapat bekerja sama dengan berbagai pihak baik dari universitas, tingkat kota dan provinsi seperti KSR, PMI, Mapenta, SAR  dan yang lainnya untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk masyarakat luas.

Program Kegawatdaruratan dan Dissaster Relief Medicine (DRM) ini makin menambah keunggulan ciri khas yang dimiliki Fakultas Kedokteran UNISBA, di samping Kesehatan Masyarakat Industri  yang telah menjadi andalan. Dengan terus bebenah diri di berbagai sektor, Fakultas Kedokteran UNISBA yang merupakan salah satu perguruan tinggi berbasis Islam, terus berusaha untuk  dapat menghasilkan lulusan yang memiliki ahlak serta kemampuan akademik yang baik, kualitas keterampilan  medis yang  tinggi, sehingga memiliki daya saing tinggi dan berguna bagi masyarakat luas.



Tinggalkan Balasan

Translate »