Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Muhammad Bilgary Utama, Wakili Indonesia pada Konferensi Internasional di UK

Muhammad Bilgary Utama, Wakili Indonesia pada Konferensi Internasional di UK

KOMINPRO-Lagi dan lagi mahasiswa Unisba mengukir prestasinya dikancah internasional. Kali ini, Muhammad Bilgary Utama mahasiswa program studi Farmasi menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia sebagai speaker dalam kegiatan 2nd International Conference on Wound Care, Tissue Repair and Regenerative Medicine & 2nd World Congress on Antibiotics yang diselenggarkan oleh Meetings International (Meetings Int.)  di London UK, pada Rabu-Kamis (16-17/10).   Meetings Int. merupakan pemimpin global dalam menghasilkan konferensi, pertemuan, lokakarya, dan simposium berkualitas tinggi disemua bidang utama yaitu ilmu pengetahuan, teknologi, dan kedokteran.

Pada kesempatan tersebut, Bilgary mempresentasikan risetnya tentang resistensi antibiotik  dengan mengembangkan biodegradable kasa. Kasa tersebut terbuat dari kepompong sutra yang memiliki aktifitas percepatan penutupan luka. Diformulasikan dengan madu yang memiliki sumber natural anti infalamatory dan natural antibioik, risetnya memperoleh apresiasi dari peserta lainnya karena di negara-negara Barat, madu hanya dipergunakan sebagai bahan makanan.

“Saya memastikan jika kasa sutra ini sama sekali tidak melamahkan madu. Hal ini karena daerah sample yang ada madunya itu menghasilkan zona bening, dimana tidak adanya  micro organisme,”ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2016 ini mengatakan, motivasinya untuk melakukan riset tersebut karena ia memiliki komitmen untuk memperhatikan kenyamanan pasien yang tidak hanya berfek pada dirinya. “Yang paling penting membantu banyak orang dan membantu orang yg membutuhkan,” jelasnya.

Bilgary mengungkapkan, jika risetnya dilakukan sendiri dengan biaya sendiri. Ia  mengorbankan uang sakunya untuk dapat melakukan risetnya karena memiliki rasa penasaran yang tinggi. Sempat terlintas untuk berhenti melanjutkan risetnya karena biaya yang dibutuhkan cukup mahal. Namun karena semangatnya yang tinggi, ia tidak patah semangat hingga risetnya terselesaikan. Tentu dari pengorbanan tersebut, hasil yang diperolehnya hingga bisa menjadi presenter di event tersebut sungguh luar biasa.

Keikutsertaannya dalam event tersebut merupakan buah dari keikutsertaan ditahun sebelumnya sebagai salah satu peserta world bank yang diselenggarakan di Washington DC Amerika Serikat. Dari keikutsertaannya tersebut, ia memperoleh undangan dari manager conference sebagai speaker pada event ini.

Pada event ini, ia menjadi satu-satunya peserta yang memiliki latar belakang pendidikan sebagai mahasiswa S1. Empat orang presenter lainnya merupakan seorang expert sebagai seorang master, dokter dan bidang lainnya dari berbagai negara yaitu India, Perancis dan Polandia.

Menurutnya, hasil yang diperolehnya hingga saat ini merupakan komitmennya yang terus dipupuk. Kerja keras dan konsisten merupakan faktor penting hingga satu persatu mimpinya terwujud.  Kekuatan didalam dirinya dalam mengambil keputusan dan semua pengorbanan yang dilakukannya seperti uang saku, waktu, tenaga dan lainnya merupakan usaha yang tidak pernah putus dalam menggapai impiannya. (Eki)