Unisba

International Office Karir | Login Sisfo

(Terbit di Harian Kompas, Kamis/ 19 Mei 2022 dan laman adv.kompas.id)

Fakultas kedokteran (FK) merupakan salah satu fakultas yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini berlaku baik di Universitas negeri maupun swasta. sisi lain, jumlah penduduk yang semakin banyak dan masalah kesehatan yang tidak kunjung selesai di Indonesia menyebabkan kebutuhan tenaga dokter juga semakin meningkat.

Di Provinsi Jawa Barat, saat ini sudah banyak pilihan perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran. Salah satu yang menjadi favorit adalah Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK Unisba). Kampus FK Unisba berlokasi di Jalan Tamansari No. 22 Bandung.

Fakultas Kedokteran Unisba merupakan salah satu fakultas termuda yang berada di lingkungan Unisba. Sejak berdiri pada tahun 2004, FK Unisba telah melahirkan 1213 orang dokter yang kini berperan aktif memberikan kontribusi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Sebagian besar lulusan bahkan telah melanjutkan pendidikan ke tahap spesialis atau magister.

Fakultas Kedokteran Unisba menjadi salah satu FK swasta terfavorit di Provinsi Jawa Barat bukan tanpa alasan. Hingga saat ini, FK Unisba merupakan salah satu FK swasta yang telah berhasil meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (Lam PT Kes). Selain akreditasi dari Lam PT Kes, FK Unisba juga telah mendapat akreditasi unggul dari dari Lembaga internasional Accreditation Service for International Schools, Colleges, and Univerisities (ASIC). Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di FK Unisba sudah memenuhi standard di tingkat nasional maupun internasional.

Di FK Unisba, terdapat 2 tahap pendidikan yaitu tahap akademik untuk meraih gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) yang dijalani selama 7 semester dan tahap profesi untuk meraih gelar dokter umum (dr) yang dijalani selama 4 semester. Tahap akademik dilaksanakan di kampus FK, sedangkan tahap profesi dijalankan di RS Pendidikan utama dan RS jejaring dan afiliasi yaitu RS Al-Ihsan, RS Al-Islam, RS Muhammadiyah Bandung, RSAU Salamun, RS Sartika Asih, RSUD Garut, RSUD Sukabumi, RS Cibabat, RS Majalalaya dan Puskesmas di Kabupaten Bandung.

Menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman, globalisasi dan kebutuhan masyarakat, FK Unisba secara berkesinambungan berusaha untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Visi FK Unisba saat ini adalah Menjadi Fakultas Kedokteran berlandaskan nilai Islam yang maju dan terkemuka di tingkat Asia pada tahun 2033 dengan keunggulan di bidang kesehatan masyarakat industri. Untuk mewujudkan visi tersebut, FK Unisba telah mengadopsi kurikulum yang mengacu pada standar kompetensi kedokteran nasional maupun internasional dan kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Kurikulum diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam sehingga dihasilkan dokter yang tidak hanya cerdas dan profesional, namun juga berahlakul karimah. Kurikulum juga disusun untuk mencapai keunggulan spesifik yaitu kesehatan masyarakat industri.

Untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi, FK Unisba juga telah menyediakan fasiltas yang memadai. Fasilitas yang ada antara lain adalah ruang tutorial, ruang kuliah,

laboratorium biomedik, laboratorium skill, laboratorium penelitian dan laboratorium anatomi yang seluruhnya telah dilengkapi dengan alat penunjang yang modern. FK Unisba juga telah bekerja sama dengan berbagai institusi baik di Indonesia maupun di mancanegara terutama untuk mencapai visi unggul di Asia pada tahun 2033.

Fakultas Kedokteran Unisba menyambut para calon mahasiswa yang memiliki niat dan tekad kuat menjadi dokter. Jika berminat untuk menjadi mahasiswa di FK Unisba, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan. Informasi dan persyaratan mengenai hal tersebut bisa didapatkan melalui webiste Penerimaan Mahasiswa Baru Unisba atau tautan https://admission.unisba.ac.id. (Eka Nurhayati, dr., MKM., Dosen Fakultas Kedokteran Unisba)




Translate »