Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Mahasiwa FH Unisba, Juara II LKTI “FORJUST” di Lombok

Mahasiwa FH Unisba, Juara II LKTI “FORJUST” di Lombok

KOMINPRO-Mahasiswa Unisba kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional. Kali ini mahasiswa F. Hukum (FH) Unisba, Silvia Sofiatunnisa Mulyana dan Ning Retno Hanani meraih juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Forum Pemberdayaan Kreatifitas dan Keilmuan Mahasiswa Justitia (FORJUST) FH Universitas Mataram Lombok, pada Jumat-Minggu (06-08/09).

Mahasiswi angkatan 2016 ini berhasil meraih kemenangan setelah bersiang dengan 10 perguruan tinggi di Indonesia dengan membawakan judul karya ilmiah “’Leniency Pogramme Berbasis Restorative Justice dalam Pembuktian Kartel Sebagai Sarana Optimalisasi Hukum Persaingan Usaha”.

Proses yang dilaluinya dalam mengikuti lomba ini diawali dengan mengirimkan full paper dalam bentuk hardcopy. Setelah dinyatakan masuk 10 besar dan masuk grand final, keduanya diseleksi kembali untuk mempersentasikan karya ilmiah mereka.

Silvia menuturkan, awalnya tidak memiliki harapan terhadap lomba ini. Namun dengan semangat yang tinggi, keduanya mampu melewati segala kesulitan dan memperoleh hasil terbaik. “Ada beberapa peserta yang judul serta kemampuannya lebih baik dan jumlahnya lebih dari tiga orang, jadi saya pikir tidak akan masuk tiga besar,” ungkapnya.

Sebelumnya Silvi pernah mengikuti 2019 National Essay Competition yang diselenggarakan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bekerjasama dengan JICA sebuah organisasi dari Jepang. Namun, Silvi belum berhasil menyabet gelar juara, hanya masuk sebagai finalist.

Walaupun demikian, setiap kesempatan bertanding dikompetisi tingkat nasional, ia selalu memperoleh banyak pelajaran dan ide sehingga kemenangan bukan selalu jadi tujuan awalnya.  “Asalkan saya bisa mempersentasikan dengan baik dan membawa kesan bagus untuk almamater saya diluar, sudah cukup,” jelasnya.

Ia memiliki cita-cita mulia. Kedepan bisa memenangkan lima kompetisi nasional untuk membanggakan Unisba. Silvi berharap, adik tingkatnya dapat membawa piala bergilir LKTI ini ditahun mendatang. (Eki)