Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

Rektor dan Warek III Unisba bersama para juara KKTM Unisba 2018 

Keagungan akademik salah satunya ditandai dengan banyaknya karya tulis dosen dan mahasiswa yang dipublikasikan oleh sebuah perguruan tinggi. Untuk itu Unisba sangat mendorong dan mengapresiasi mahasiswa yang  terus berkarya, melakukan penelitian, dan menulis. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) Unisba sebagai salah satu ajang mereka berlatih menulis. Menang dan kalah hendaknya tidak dijadikan tujuan utama, karena menang dan kalah hanya sebuah kesempatan belaka.

Demikian disampaikan Rektor Unisba, Prof.Dr. H. Edi Setiadi,SH.,MH., saat menutup KKTM Unisba 2018, AI-GT, PKM IMA (Interpreneur, Penelitian, Pengabdian) dan Prakarsa, yang dilakukan di Student Center Unisba, Senin (19/2). Dalam penutupan ini diumumkan pula para juara yang berhasil memenangkan lomba.

“Saya ingin setiap program hibah (penellitian) dari pemerintah bisa diikuti sebanyak-banyaknya oleh mahasiswa. Menang kalah soal kesempatan saja, teruslah semangat jangan putus asa. Tujuan KKTM Unisba ini adalah untuk melatih mahasiswa membuat karya ilmiah. Kalo sudah terlatih, maka akan  semakin bagus karya tulisnya,” terang Rektor.

Tugas Program Studi (Prodi), lanjut Rektor, adalah mendorong mahasiswa untuk mengikuti berbagai tawaran lomba. 

Wakil Rektor (Warek) III, Drs. H. Asep Ramdan Hidayat,M.Si. mengungkapkan, KKTM Unisba sebagai salah satu cara untuk mencari karya terbaik. Mahasiswa. Pemenangnya akan diutus dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Kopertis Wilayah IV, dan jika menang maka untuk selanjutnya akan diikutkan dalam event tingkat nasional 

Dalam pemilihan Mawapres, ada perbedaan mendasar yang harus dijalani mahasiswa dari PTS dengan mereka yang berasal dari PTN. Sebelum mengikuti ajang nasional, mahasiswa PTS harus lolos terlebih dahulu di Kopertis masing-masing, sedangkan mahasiswa PTN bisa langsung mendaftar di tingkat nasional. Namun, lanjut Warek III, perjalanan yang harus ditempuh tersebut, hendaknya tidak menyurutkan semangat mahasiswa Unisba untuk terus berkarya. “Kita harus tetap semangat menjalaninya karena itulah jalan yang harus kita tempuh,” tegasnya.

Terkait hasil KKTM Unisba 2018, Warek III mengungkapkan, nilai yang diperoleh pemenang bersaing ketat. Bahkan ada beberapa kelompok yang nilainya persis sama padahal didapat oleh kelompok yang berbeda dengan dewan juri yang beda pula.

Warek III juga menjelaskan, banyak hibah dari pemerintah yang bisa diikuti mahasiswa Unisba, dengan berbagai topik. Topik yang akan diangkat dalam waktu dekat adalah tentang dana desa. Seperti kita ketahui saat ini pemerintah menggelontorkan dana desa hingga 1 milyar rupiah yang ditujukanuntuk mendanai program desa. Dikti ingin mahasiswa turut memberikan kontribusi ke daerah dalam bentuk PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dengan menulis tentang dana desa, penggunaan dan pelaporannya. “Mudah-mudahan nanti mahasiswa kita ada yang menang dan pemenangnya tentu akan mendapatkan hadiah berupa uang,” terang Warek III.

Sementara itu, Kasi Kegiatan Mahasiswa, Hasyim Adnan,SH.,MH. mengungkapkan, hasil KKTM Unisba 2018 berdasarkan SK Rektor No. 032/M.15/SK/Rek/II/2018 adalah sebagai berikut;

Pemenang Kompetisi/LKTI Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-GT)

Juara I  diraih kelompok Mutiara Ramadhani, Muhammad Dera Purdiansyah, Abdullah Siregar, dan Anisa (Prodi Tektik PWK), Juara II dimenangkan kelompok Layla Nursyifa Romdoniah, Serli Amolina, Satria Anugrah M.T., Ilham Muhammad Taufik, dan Faisal Abdul Aziz (Teknik Industri), dan Juara III diraih kelompok Azhariyanti Putri, Susi Rosita Pratiwi, Berliana Angelina (Farmasi).

Pemenang Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Juara I diraih kelompok Muhammad Alguthfani, Gita Cyntia Anwar, Rika  Nisfularika (Pendidikan Dokter), Juara II dimenangkan kelompok Raden Aliya Tresna M.D., Aldy Fernando Sobandi, Putri Nur Namira Binti Azhar (Pendidikan Dokter), Juara III dimanangkan kelompok Zulfa Faujiyyah Amajida, Syifa Edyana Fithri, Nur Amalina Fajrin (Ilmu Komunikasi),

Juara Harapan I diraih kelompok Muhammad Faishal Kartadinata, Clarisa Rahmawati Putri, Atika Zulfah Karimah (Pendidikan Dokter dan Farmasi), Juara Harapan II dimenangkan kelompok Syahril Huda Andriyan, Sekar Wangi Eka P., Aghrid Salsabiela (Teknik Pertambangan), Juara Harapan III dimenangkan oleh Ammar Abdul Ghoffar, IIt Siti Lestari, Ananda Putri Hanifah (Farmasi).

Pemenang Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Artikel Ilmiah (PKM-AI)

Juara I diraih kelompok Algipahla Ismail, Aliefa Rizki Devanti, Thasya Nazhira (Hukum), Juara II dimenangkan kelompok Aditya Wanda, Layla Nursyifa Romdoniah, Ilmi Keumala Putri (Teknik Industri), Juara III diraih kelompok Titian Hasanah, Nida Wardah Ismatillah, Dana Rosdiana (Ilmu Ekonomi).

Juara Harapan I diraih kelompok Ressy Rizki Utari, Nafisa Dwi Audyanty, Yasmin Fara Hanifaturrizqi (Ilmu Hukum), Juara Harapan II dimenangkan kelompok Maulidya, Muhammad Nadhil Abdullah, Abizar Aria Ghifar (IE & PWK), Juara III diraih kelompok Zhara Zhettira Aditya, Muljadi, Viona Prisyella Balqi(Matematika).

Para juara memperoleh penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan. Juara I mendapat Rp. 2 juta, Juara II sebesar Rp. 1,5 juta, dan Juara III sejumlah Rp 1 juta. Sementara itu untuk Juara Harapan, masing-masing kelompok memperoleh uang sebesar Rp. 500 ribu.

Sebagai motivasi kepada para Juara I,II, III, Rektor Unisba secara pribadi menambah jumlah hadiah masing-masing kelompok sebesar Rp. 500 ribu.(sari)

 

 



Tinggalkan Balasan

Translate »