Unisba

International Office Karir | Login Sisfo

Komhumas- Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Islam Bandung menggelar sidang pleno updating skema dan MUK untuk memperbarui tiga skema uji kompetensi di bidang ilmu komunikasi, Senin (18/4) di Hotel Santika Bandung, Jawa Barat. Tiga skema uji kompetensi yang akan diperbarui yakni skema Pengelola Kehumasan, Skema Pengelolaan Komunikasi Program Televisi dan Skema Pengelolaan Media Jurnalistik Siaran.

Ketua LSP Unisba, Dr. Kiki Zakiah, Dra., M.Si. menyebutkan bahwa secara berkala LSP selalu melakukan evaluasi dan pembaruan pada skema-skema uji kompetensi yang telah dirancang oleh asesor Unisba. “LSP selalu melakukan evaluasi pada skema-skema yang telah diujikan untuk disesuaikan dengan perkembangan situasi. Para asesor kompetensi diminta melakukan evaluasi dan perbaikan untuk mengembangkan skema menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Sekitar 26 peserta yang terdiri dari asesor dan tenaga ahli menghadiri rapat pleno. Dalam rapat pleno, masing-masing koordinator skema mempresentasikan skema yang telah diperbarui. Hasil perbaikan skema didiskusikan dengan asesor lain dan tenaga ahli untuk menyepakati pengembangam skema yang sesuai dengan situasi dan kurikulum saat ini khususnya di Prodi Ilmu Komunikasi.

Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH. mengingatkan bahwa skema uji kompetensi harus terus ditingkatkan ke arah digitalisasi sebagai pelengkap dalam kurikulum yang ada di fakultas. Di masa depan, menurutnya, seluruh fakultas sudah harus menetapkan kewajiban untuk seluruh mahasiswanya untuk melakukan uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendamping ijazah. “Sertifikasi kompetensi Recognition ini dapat membantu lulusan untuk terjun ke dunia kerja, tapi perlu diingat bahwa pengembangan skema-skema ini juga harus disesuaikan dengan perkembangan kelimuan dan industri. Asesor pun harus diregenerasi agar asesor yang masih muda dapat segera menggantikan asesor yang sudah mulai menuju masa pensiun,” tambahnya.

Selain mengadakan rapat pleno perbaikan tiga skema uji kompetensi di bidang komunikasi, LSP Unisba juga melakukan penyerahan sertifikat Recognition Current Competency (RCC) pada sejumlah asesor yang telah dinyatakan kompeten kembali oleh BNSP sebagai asesor uji kompetensi P1. (Firmansyah/Feari Krisna)



Translate »