Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  LPPM Unisba Siapkan SDM untuk Program Sekolah Desa

LPPM Unisba Siapkan SDM untuk Program Sekolah Desa

 KOMINPRO – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Training of Trainer (TOT) Sekolah Desa di Fox Harris Hotel, Selasa (4/2). Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor (Warek) I Unisba, Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D dan dihadiri oleh 33 orang perwakilan dosen dari setiap fakultas. Ketua LPPM Unisba, Prof. Dr. Hj. Atie Rachmiatie, M.Si.,mengatakan, Sekolah Desa merupakan program yang memiliki misi mulia yakni  membantu kepala desa dalam mengelola dana yang telah disalurkan oleh pemerintah ke desa-desa, khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang mempuni dalam memberikan pendampingan, penyuluhan, dan bimtek bagi desa yang membutuhkan pendampingan. Prof. Atie mengatakan, saat ini terdapat 535 desa yang tersebar di Kota Bandung dan sekitarnya yang memerlukan pembinaan. Bahkan dari jumlah tersebut tercatat 316 desa yang dikategorikan sebagai desa tertinggal. Sehingga sebagai institusi yang memiliki tenaga pengajar cukup banyak, Unisba perlu mengoptimalkan aksi pengabdian pada masyarakat lebih nyata.

“Sebagai akademisi kita perlu menunjukan responsibility apa yang dapat kita lakukan untuk masyarakat sekitar kita. Dengan program ini kami berrencana membuat satu lembaga unit kerja yang lebih intergrasi dan komprehensif dalam memberikan pendampingan pada desa yang membutuhkan,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor (Warek) I Unisba mengatakan, salah satu  alaasan yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah untuk melatih perangkat desa agar mampu memahami regulasi pemerintah terkait kebijakan pembangunan desa serta pengelolaan keuangan desa secara umum. Maka sebagai akademisi, dosen Unisba harus mampu mendampingi dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat yang terlibat dalam program tersebut. Harapannya, rencana pembangunan yang telah disusun sebelumnya dapat berjalan dengan baik.

“Ketika terjun ke lapangan, Bapak dan Ibu memiliki tugas untuk mendampingi ahgar rencaan yang telah dibuat dapat berjalan tepat sasaran dan tepat anggaran. Melalui kegiatan ini saya berharap para peserta bisa menyerap ilmu yang diberikan narasumber dan ketika program ini berjalan LPPM Unisba bisa lebih eksis di Masyarakat, khususnya dalam bidang pengadbian kepada masyarakat,” jelasnya.

Pada kegiatan TOT, para peserta mendapatkan materi dan bimbingan dari Tim LPPM Universitas Brawijaya (UB). Narasumber dalam Pelatihan tersebut yaitu Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si, Dhanny S. Sutopo, S.Sos., M.Si, M Edy Eko Trisyono Safari, SE., Ak., M.Si., Andi Laksono, S.E., Ak. ***