Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  LPPM Unisba Pamerkan Hasil Karya Penelitian dan PKM Dosen Unisba

LPPM Unisba Pamerkan Hasil Karya Penelitian dan PKM Dosen Unisba

KOMINPRO-Dalam rangka menyebarluaskan informasi dari hasil riset dan pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Unisba dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisba menyelenggarakan Unisba Resvex (Research & Community Service Expo) : Pameran Hasil Penelitian Kepada Masyarakat (PPKM) dan Anugerah Inovasi di Aula Unisba, pada Kamis (19/12).

Kegiatan ini menghadirkan pameran hasil karya penelitian dari 11 fakultas yang terdiri dari 38 program studi di Unisba, serta dihadiri oleh Ketua  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman, AS., M.Pd.

Materi pada pameran ini berdasarkan dari hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat (PKM) para dosen dan mahasiswa sebanyak 446 judul dan biaya sekitar 21,5 Milyar dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Output dan Outcome dari riset dan PKM tersebut, diantaranya, artikel yang sudah dipublikasi di berbagai jurnal nasional dan  internasional, buku referansi dan buku ajar, Hak Cipta, Prosiding nasional dan internasional dan paten, sebanyak 1748 buah.

Ketua LPPM Unisba, Prof. Dr. Hj. Atie Rachmiatie, M.Si., mengatakan, pameran ini baru pertama kali diselenggarakan oleh LPPM Unisba dan akan menjadikan agenda rutin tahunan bagi Unisba.

Dikatakannya, acara ini mengangkat tema “Memperkuat dan Membangun Sinergitas dan Integritas untuk Mencapai World Class Research University dan Daya Saing Bangsa” sebagai langkah dalam menghadapi era lndustri 4.0 dan Society 5.0. “Yang menjadi kata kunci adalah kreatifitas dan inovasi, dan ini tidak bisa diimplementasikan dengan baik, manakala tidak ada Sinergitas atau kolaborasi berbagai pihak yang disebut “Pentahelix” (yaitu : Akademisi- Pemerintah­ lndustri/Pengusaha- Media dan Komunitas),” katanya.

Melalui kegiatan ini dia berharap, seluruh stakeholders internal dan eksternal Unisba mengetahui apa yang sudah dilakukan oleh warga Unisba dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sebagai bentuk dari tanggung jawab, akuntabilitas dan responsibility Unisba kepada masyarakat.

Sementara itu, Warek I Unisba, Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM., berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat, spirit dan motivasi baru untuk mewujudkan world class riset serta world class university.

Kegiatan ini juga menghadirkan talkshow dari Founder Aruna Indonesia, Fariud Naufal Aslam dan CEO Perisai Group Perry Tristianto. Selain itu, LPPM Unisba juga  memperkenalkan penguatan desa Binaan Unsiba dalam bentuk pendidikan, pelatihan, bimtek, dan lainnya yang diberi nama “Madrasah Bina Desa”.

Pada kesempatan ini pula, LPPM Unisba memberikan apresiasi kepada Dr. Sri Fadilah, S.E., M. Si., Ak. CA. sebagai Peneliti Terbaik; Dr. Nugraha, ST., M.M. sebagai Pengabdi Terbaik; Dr. H. M. Wildan Yahya, Drs., M. Pd. sebagai Anugerah Inovasi Bidang Sosial; Fitrianti Darusman, S.Si., M.Si., Apt. sebagai Anugerah Inovasi Bidang Science; Fakultas Ekonomi & Bisnis sebagai Stand Favorit; dan Fakultas Hukum sebagai Poster Terbaik.***