Unisba

International Office Karir | Sisfo | Halo Alumni ! | Virtual Tour 360

KOMHUMAS-Dalam rangka penerimaan proposal Hibah Tahun Akademik 2022-2023, LPPM Unisba mengadakan kegiatan Sosialisasi Panduan PPkM Edisi 2021 Revisi dan Launching BIMAKU secara Online melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh Para Dosen di Lingkungan Unisba, pada Selasa (29/11/2022).

Dalam sambutannnya Ketua LPPM Unisba, Prof.Dr. Neni Sri Imaniyati, SH., M.Hum menyampaikan bahwa kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPkM) di Unisba  mengacu pada Visi dan Misi Unisba serta Visi dan Misis LPPM Unisba, dengan   penguatan asapek ruhuddin  dan internasionalisasi.

LPPM Unisba telah Menyusun Panduan PPkM Edisi 2021 Revisi. Perubahan pada buku ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan prosedur pengajuan proposal, monitoring dan evaluasi (Monev) PPkM, dan Pelaporan Hibah PPkM  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, serta adanya perubahan penilaian kinerja LPPM yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, yang dilaksanakan melalui SINTA (Science and Technology Indexes). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas PPkM dosen Unisba.

Kepala Bidang Penelitian Dr. Ir. Nugraha, ST., MM, IPM. Memaparkan bahwa ada tiga bentuk penelitian yang dapat dilakukan oleh para dosen, yaitu Penelitian Dasar, Penelitian Terapan dan Penelitian Pengembangan. Selain itu juga dijelaskan tiga skema penelitian,  yaitu Penelitian Dosen Pemula (PDP), Penelitian Dosen Utama (PDU) selanjutnya Penelitian Kolaborasi Luar Negeri (PKLN).

Berkaitan dengan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM),  disampaikan oleh Dr.Titik Respati, Drg, Msc, PH mewakili Kabid PkM. PkM  terdiri dari empat Skema, yaitu Program Kemitraan Masyarakat, (PKM), Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Program Pengembangan Produk Unggulan Mitra (P3UM) dan Program Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi Luar Negeri (PKM LN).

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan Launching BIMAKU yang di paparkan oleh bagian IT LPPM Unisba, Yuda Dharma Putra, ST. Ia menjelaskan petunjuk teknis sistem BIMAKU yakni website berbasis aplikasi dengan tujuan menjadi basis informasi manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Unisba. Selanjutnya Basis olah data Kinerja Penelitian dan PkM yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Unisba juga Informasi data Kinerja PPKM.

Ketentuan penerimaan Proposal Hibah LPPM selengkapnya terdapat dalam Buku panduan PPkM yang dapat dilihat di  Web lppm.unisba.ac.id. Masa unggah proposal PPkM Tahun Akademik 2022-2023 mulai tanggal 29 November 2022 hingga 28 Desember 2022. Diharapkan setiap dosen dapat melaksanakan PPkM  sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.***



Translate »