Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Lomba Syarh Al-Quran Tingkat SMA/SMK dan MA/Pesantren Se-Provinsi Jawa Barat

Lomba Syarh Al-Quran Tingkat SMA/SMK dan MA/Pesantren Se-Provinsi Jawa Barat

HUMAS – Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (Unisba) mengadakan acara Lomba Syarh Al-Quran Tingkat SMA/SMK dan MA/Pesantren Se-Provinsi Jawa Barat, dengan tema “Penegakan Sholat Khusyu’ Sebagai Dasar Pembentukan Umat Muslim Yang Rahmatan Lil’alamin” pada 12 Maret 2015 di Aula Utama Unisba, Jalan Tamanasari No. 1 Bandung.

Dalam acara ini, hadir Rektor Unisba, Prof. Dr. dr. M. Thaufiq Siddiq Boesoirie, M.S., Sp.THT-KL(K). yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. “Konsep hidup kita adalah melanjutkan perjuangan Rasulullah SAW yang Rahmatan Lil’alamin, salah satunya dengan menegakan shalat secara khusyu’”, ucap Rektor. Selain itu, juga dihadiri Dekan Fakultas Syariah, H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si. yang sekaligus menjabat sebagai ketua dewan juri pada acara ini.

Ketua Pelaksana Ifa Hanifah Senjiati, S.Sy., M.Si., melaporkan data undangan yang disebarkan ke sekolah-sekolah se-Provinsi Jawa Barat sebanyak 75 sekolah, dan jumlah sekolah yang ikut serta dalam acara ini tercatat 30 sekolah. Panitia meminta maaf kepada seluruh pihak, baik itu peserta, guru dan dewan juri karena acara ini mengalami kemunduran jadwal, dari tanggal 26 Februari menjadi 12 Maret 2015 dikarenakan ada Visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) di Unisba.

Acara ini dimulai pukul 08.00 sampai selesai, dengan agenda acara Syarh Al-Quran dan Fashion Show. Pada acara Syarh Al-Quran dibagi ke dalam 3 kelas, dan dari masing-masing kelas hanya akan meloloskan 4 kelompok saja. Waktu untuk tampil yang diberikan oleh dewan juri, baik untuk Syarh Al-Quran maupun Fashion Show hanya 12 menit perkelompok, sesuai pengarahan dari dewan juri yang diwakili oleh Bapak Zaini Abdul Malik, M.Ag.

Fashion Show dimenangkan oleh SMAT Al-Ma’sum Mardiyah, pada peringkat kedua ada SMAN 1 Cisarua, dan peringkat ketiga adalah SMA Al-Kautsar. Untuk Syarh Al-Quran kategori SMA/SMK dimenangkan oleh SMA Al-Kautsar, pada peringkat kedua SMAN 1 Cisarua, peringkat ketiga SMAN 1 Cisarua, dan juara harapan 1 adalah SMAN 6 Cimahi. Sedangkan untuk kategori MA/Pesantren, yang memperoleh tingkat pertama adalah MA Al-Falah Nagreg, peringkat kedua SMAT Al-Ma’sum Mardiyah, peringkat ketiga MA Al-Falah Nagreg, juara harapan 1 SMAT Al-Ma’sum Mardiyah, dan juara harapan 2 adalah MAN 2 Sumedang.

Dari penyelenggaraan acara ini, diharapkan para generasi muda dapat mempelari makna dari kandungan ayat suci Al-Qur’an dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. (Fuad/Putri/Dwi)