Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Lavio Dwipo Zulian, Peraih Juara I Ajang Internasional AEO

Lavio Dwipo Zulian, Peraih Juara I Ajang Internasional AEO

KOMINPRO-Lavio Dwipo Zulian, mahasiswa tingkat akhir F. Psikologi Unisba menorehkan prestasi yang membanggakan.  Ia berhasil meraih juara I dalam ajang internasional bergengsi Asian English Olympics (AEO) “Manifest Your Dream” yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Binus University Jakarta.

Lavio berhasil memenangkan kejuaraan tersebut setelah melewati dua sesi yaitu Preminary yang bersaing dengan 35 orang perserta, 2 orang diantaranya dari Unisba yaitu Shahnaz Afia dan Andini Semantik. Kemudian Quarter Final yang bersaing dengan 20  peserta dan meraih nilai tertinggi mengungguli 2 peserta dari Politeknik Balik Palau, Malaysia dan Military Institute of Science and Technology, Bangladesh. Dibabak final, peserta termasuk Lavio diharuskan untuk mewawancari Desi Anwar (Presenter Senior Indonesia) menggunakan Bahasa Inggris.

Para peserta dinilai oleh para juri yang berkompeten dibidangnya yaitu Zilvia Iskandar (Jurnalis Senior Metro TV) dan Pauline Verzosa (news anchor CNN dari Filipina). Bentuk lomba yang diikuti bervariasi dengan berbagai format dan dirancang untuk benar – benar menguji skill newscasting partisipan mulai dari live report, reading soft and hard news, tag team, talkshow & interview.

Lavio mengakui, kemampuan berbahasa Inggrisnya saat ini berada ditingkat advance atau inluence. Dia kuasai sejak dibangku kelas 2 SMA dan belajar secara intens sejak kelas 3 SMP.

Banyak perlombaan yang telah Lavio ikuti, tahun sebelumnya Lavio juga meraih Juara I di Perlombaan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rencana kedepan Lavio akan mengikuti seleksi National University Debating Championship (NUDC) ditingkat universitas sebegai seleksi awal berlanjut ke tingkat LLDIKTI dan nasional.

Dia berharap, prestasi yang diraihnya ini, bisa menjadikan inspirasi bagi lainnya, tidak hanya satu bidang tapi bidang lainnya. Selain itu, kedepan Lavio akan terus mengikuti berbagai ajang  untuk menorehkan prestasi semaksimal mungkin. (Eki)