Unisba

International Office Karir | Sisfo | Halo Alumni !

KOMINPRO-Menyambut usia ke 16 tahun, Fakultas Kedokteran (FK) Unisba akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang ditandai dengan Grand Launching Milad ke 16 FK Unisba dengan tema “Obtaining the Best Test Achievements in the Pandemic Era Through Ukhuwah Insyaniyah and Islamiyah” secara virtual melalui Zoom Meeting, Sabtu (18/09). Launching ini ditandai dengan pemutaran video Teaser Milad ke 16 FK Unisba.

Dekan FK Unisba, Prof. Dr. dr. Nanan Sekarwana, Sp.A.(K), MARS., mengatakan, menapaki usia ke 16 tahun FK Unisba akan berfokus kepada pencapaian visi untuk menjadi FK yang maju dan terkemuka di ASEAN tahun 2025 yang berlandakan nilai-nilai Islam dengan keunggulan dibidang kesehatan industri.

Untuk itu, menurutnya, visi tersebut merupakan tugas bersama sivitas akademika FK Unisba yang harus ditempuh dengan berbagai langkah. “Langkah yang sudah dirancang seperti memiliki perencanaan yang baik untuk mecapai visi, langkah yang sistematis, menjadikan rencana strategis sebagai pedoman bagi rencana operasional yang dijalankan oleh program studi, mengiplementasikan nilai ke-Islaman sebagai penggambaran universitas berlandaskan Islam dan menyamakan pemahaman keunggulan dibidang Kesehatan industri dengan mendefinisikan lebih spesifik agar menjadi panduan untuk mengejawantahkan ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengungkapkan, torehan capaian prestasi yang begitu menakjubkan mampu dicapai FK Unisba di usianya yang baru menginjak 16 tahun. “Kepercayaan masyarakat ke FK dan lulusan adalah capaian yang sangat penting dan menggembirakan. Begitu juga kepercayaan pemerintah melalui LAM-PTKes yang memberikan nilai A. Tinggal kita meningkatkan hal tersebut,” ungkapnya.

Rektor menuturkan, perubahan lingkungan sosial yang berubah dengan cepat dibidang teknologi informasi yang menghadirkan generasi milenial harus dapat direspon dengan cepat agar tidak tertinggal dan tidak ada yang melesat melewati keunggulan FK Unisba.

Rektor berpesan kepada pimpinan dan civitas akademika FK Unisba untuk mampu bekerja produktif dengan mengumpulkan semua energi positif dan mengorkestrasi kolektif. “Hal ini untuk kemajuan kedepan yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten dan ber-akhlakul karimah serta memeberikan dampak yang positif bagi lingkungannya,” jelasnya.

Selain itu, Rektor berpesan kepada pimpinan FK Unisba untuk mampu mewujudkan dokter yang menjalankan 5 peran utama yaitu dokter yang dapat berperan sebagai penyedia layanan kesehatan berupa layanan kuratif, preventif dan rehabilitatif; menghasilkan dokter yang dapat mengambil keputusan / decision maker; menghasilkan dokter yang pandai berkomunikasi kepada individu keluarga dan masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya; menghasilkan dokter yang dapat memimpin komunitas; dan menghasilkan dokter yang siap menjadi manager untuk mengelola sumber dayanya.

Lebih jauh, Rektor mengatakan, sesuai dengan amanah dari pendiri Unisba maka FK Unisba harus dapat meluluskan dokter yang mewarnai perannya dimanapun nanti berkhidmat dengan menerapkan nilai-nilai Islam.

Dalam laporannya, Ketua Umum Milad ke 16 FK Unisba, Dr. Santun Bhekti Rahiah, dr., M.Kes., mengatakan, rangkaian kegiatan Milad ke 16 ini dimulai sejak 10 Juli s.d. 26 Oktober 2020 yang meliputi kegiatan seminar ilmiah, penelitian, pengabdian masyarakat yang ditunjang dengan kegiatan lomba dan diakhiri dengan prosesi Milad. Kegiatan tersebut terdiri dari (1) Launching  KOPIDμobile (dibaca: kopid mobile) (10 Juli 2020); (2) Seminar Penulisan Systematic Review (18 Juli 2020); (3) Seminar Pembelajaran Jarak Jauh di Era Covid 19 (8 Agustus 2020); (4) Pembagian Paket Dukungan dan Edukasi Kelompok Masyarakat Terdampak Covid-19 (15 s.d 17 September 2020); (5) Seminar Ke-Islaman Fiqih Ibadah di Era Pandemi COVID-19 (19 September 2020); (6) Lokakarya Kesehatan dan Upaya Penguatan Strategi Bisnis UMKM di Era Pandemi Covid-19 (20 September 2020); (7) Seminar Ilmiah Kesehatan Masyarakat Industri (26 September 2020); (8) Webinar Kesehatan Anak dan Workshop Pengembangan Usaha Mikro Makanan Sehat Bayi dan Balita (3 & 4 Oktober 2020); (9) Lomba Virtual Ride (25 Oktober 2020); dan (10) Prosesi Milad ke 16 FK Unisba (26 Oktober 2020).

Webinar Islam

Pada kesempatan yang sama, diselenggarakan pula salah satu rangkaian kegiatan Milad ke 16 FK Unisba yakni Webinar Islam “Fiqih Berdasarkan Perspektif Ilmu Kedokteran dan Protokol Kesehatan di Era Pandemi Covid-19”. Ketua pelaksana Webinar Islam, Dony Septriana Rosady, dr., MBA, MH.Kes., mengatakan, kegiatan ini terselenggara sebagai upaya serta peran FK Unisba dalam menanggulangi masalah dan memperbaiki situasi serta kondisi yang terjadi di dalam masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Diungkapkannya, tujuan diselenggarakan webinar ini yaitu untuk memberikan informasi shahih terkait fiqih ibadah serta pemulasaraan jenazah selama masa pandemik Covid-19 sehingga mencegah polemik dan disinformasi di dalam masyarakat. Selain itu menurutnya, webinar ini merupakan kontribusi FK Unisba sebagai institusi Islam dalam kemaslahatan umat. “Hal ini sesuai dengan muatan lokal salah satu keunggulan FK Unisba yakni Islamic Insert yang memberikan khasanah dalam menghadapi problematika kesehatan terkait dengan pemahaman ke-Islaman sehingga dapat dimanfaatkan dalam menghadapi situasi pandemi saat ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini diisii oleh berbagai pemateri yang kompeten dibidangnya yakni Prof. dr. Nanan  Sekarwana, Sp.A(K)., MARS. (Dekan FK Unisba) dengan materi “Pelaksanaan Haji dan Umroh di era Pandemi Covid”, dr. Fajar Awalia, M.Epid. dengan materi “Protokol Kesehatan Poliklinik Unisba Sebagai Klinik Pelayanan Kesehatan Pratama dalam Upaya People Safety di Era Pandemi Covid-19”, Prof.  Dr., KH.,  Maman Abdrurahman., MA. dengan materi “Pelaksanaan Shalat dan  Ibadah Berjamaah di Masjid  Pada Masa Pandemi Covid-19”, Ustadz A.M Yusuf , M.A. dengan materi “Pemulasaraan  Jenazah di Masa Pandemi Covid-19” dan Dr. Chevi Sayusman., Sp.F dengan materi “Penguburan Jenazah Terinfeksi Covid-19 dan Problematikanya”. Selain itu, webinar ini diikuti oleh berbagai kalangan seperti tenaga kesehatan, majelis taklim, jamaah masjid dan umum.***



Tinggalkan Balasan

Translate »