Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Jepang Adakan Pelatihan Teknologi Keselamatan Tambang Batu Bara di Unisba
images/gambar/tambang.jpg

Jepang Adakan Pelatihan Teknologi Keselamatan Tambang Batu Bara di Unisba

Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar pelatihan “Teknologi Keselamatan Pada Tambang Batu Bara Bawah Tanah” pada Senin s.d. Jumat, 12-15 Februari 2015 di Student Center Unisba. Dalam kegiatan tersebut pihak Unisba bekerjasama dengan tiga perusahaan pertambangan asal Jepang, yaitu Mitsui Matsushima Resource Co. Ltd. (MMR), Japan Oil Gas and Metals National Corporation (JOGMEC), dan Japan Coal (JCOAL). Selama pelatihan, mahasiswa semester akhir sebagai peserta juga mengikuti kuliah umum Dr. Kikuo Matsui dari Kyushu University.

“Kerjasama pelatihan dengan beberapa perusahan Jepang ini dilaksanakan sejak 2010.” kata  Ketua Prodi Teknik Pertambangan Sri Widiyati,. Menurut Sri, kegiatan pelatihan dapat terselenggara karena adanya MoU antara pemerintah Indonesia dengan pihak Jepang melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Perwakilan dari JCOAL, Matsu Mura mengatakan alasan mereka menjalin kerjasama dengan Indonesia karena kebutuhan Jepang akan pasokan batu bara yang sangat besar. “Kami ingin pihak Indonesia dapat menguasai dan menerapkan teknologi tambang batu bara bawah tanah yang mudah pengelolaannya serta dapat meminimalisir tingkat kecelakaan kerja.” kata Matsu Mura.
Dengan adanya kerjasama ini, Prodi Pertambangan mengharapkan hubungan antara Jepang dengan Unisba dapat terjalin dengan baik dan dapat saling menguntungkan antara kedua belah pihak. (Fuad/Putri/Dwi)

Translate »