Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

M.E. Fuady, S.Sos., M.Si. (KABAG HUMAS UNISBA) – Sebagai perguruan tinggi swasta berlandaskan Islam, Universitas Islam Bandung (Unisba) memiliki  nilai lebih dibanding perguruan tinggi swasta lain karena selalu memasukan nilai keislaman dalam setiap aspek pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. Hal tersebut ditunjang dengan diwajibkannya setiap mahasiswa untuk mengikuti pesantren mahasiswa baru dan pesantren calon sarjana, serta pembekalan pendidikan Islam di setiap semester. Setiap langkah tersebut diambil agar tiap lulusan Unisba dapat menempuh kehidupannya dengan nilai-nilai keislaman.  

Selain nilai keislaman yang tinggi, tiap kajian ilmu yang ditanamkan juga menjadi konsentrasi penting Unisba. Fasilitas dan kualitas pendidikan, serta sarana dan prasarana terus ditingkatkan. Berbagai upaya tersebut berbuah manis dengan dengan diraihnya kembali akreditasi “A” untuk Fakultas Ilmu Komunikasi serta penghargaan keempat kalinya sebagai Best School of Communication dari majalah Mix Marketing. Dua prodi lainnya, yakni Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba pun meraih akreditasi A. Pada tahun 2017 Unisba memiliki target peningkatan akreditasi “A” minimal 60% dari total jumlah prodi.

Hasil positif ditunjukan melalui peningkatan peminat Unisba sebesar 30% pada tahun 2014 dibanding tahun sebelumnya. Survey Pusat Data dan Analisis Tempo menyebutkan Unisba merupakan salah satu tujuan favorit para calon mahasiswa di Indonesia melalui empat prodi yakni Hukum, Kedokteran Umum, Komunikasi dan Psikologi. Keempat prodi tersebut juga merupakan salah satu dari sekian banyak prodi yang diminati di Unisba.

Rektor Unisba Prof. Dr. dr. Thaufiq S. Boesoirie, MS., Sp. THT-KL(K) menegaskan Unisba menghasilkan sarjana berakhlak karimah dengan karakter Mujahid (Pejuang), Mujtahid (Peneliti), dan Mujaddid (Pembaharu). “Dengan kata lain, lulusan Unisba adalah sarjana Islami dengan karakter pekerja keras, kreatif, dan inovatif dalam memberikan kontribusi di berbagai bidang dan lapisan masyarakat”, ungkap rektor. Berkaitan dengan tingginya jumlah pendaftar Unisba pada tahun ini, rektor menegaskan tetap mengutamakan kualitas mahasiswa Unisba. “Kami sudah mempertimbangkan dari rasio dosen dan mahasiswa yang ada. Tidak mungkin kami menambah mahasiswa. Oleh karena itu, meskipun peminatnya tinggi, kami tetap dengan komposisi yang sudah ditetapkan”, ujar rektor.

Sebagai PTS mapan, Unisba telah meraih berbagai prestasi besar, prestasi yang mengharumkan nama Unisba, kota Bandung dan Indonesia, dicapai Mahasiswa Pencipta Alam (Mapenta) Unisba. Dua anggota Mapenta Unisba telah mengibarkan bendera Unisba di atas puncak Gunung Lobuche East di Pegunungan Himalaya.

Prestasi terbaik baru saja diraih tim Softball Putra & Putri Unisba. Tim ini berhasil menjadi juara I dalam ajang tingkat ASEAN yang diselenggarakan sebuah perguruan tinggi di  Bandung pada 14-26 April 2015. Perhelatan ini diikuti peserta utusan dari berbagai Pergururan Tinggi baik negeri maupun swasta, dalam dan luar negeri.

Tim Softball Unisba memang menorehkan berbagai prestasi dalam setiap kejuaraan yang diikutinya. Masih dalam event yang sama, di tahun 2013 Tim Softball Unisba meraih peringkat Runner up, dan pada 2010 menjadi juara ketiga, bahkan salah seorang anggota tim Unisba meraih penghargaan sebagai Best Pitcher. Raihan prestasi ini membuat hampir seluruh anggota Tim Softball Putra & Putri Unisba terpillih untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat bergabung dalam tim Kota Bandung. Hingga kini 50% anggota Tim Putri Unisba merupakan atlet Pelatcab Kota Bandung yang pernah memenangkan medali emas ketika bertanding dalam PORDA 2015, bahkan dua orang di antaranya merupakan pemain nasional Indonesia untuk berlaga di Sea Games 2015 Singapore.

Jelang usianya ke-57, Unisba telah berhasil menjadi perguruan tinggi yang mapan di Indonesia. Untuk itu, Unisba akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka Milad mulai Juli s.d. November 2015. Kegiatan Milad di antaranya Seminar Nasional Kepemimpinan Institusi Pendidikan (Institutional Leadership), Enterpreneurship Expo, Bandung Bebersih-Bandung Juara (Penyuluhan, Kerja Bakti dan Peresmian Wilayah Binaan Unisba), Workshop Peningkatan Kapasitas Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat, Temu Akbar Alumni Unisba, fun bike, gerak jalan Kampanye kebersihan dan anti Rokok “Clean and Green Campus”, tabligh akbar, serta konser amal dan pentas seni di Sasana Budaya Ganesha. Puncaknya adalah prosesi Milad yang akan diselenggarakan pada November nanti.

Bagi calon mahasiswa, selamat datang dan selamat bergabung di Unisba, Kampus Biru Kampus Perjuangan!



Tinggalkan Balasan

Translate »