Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

Beranda > Beasiswa > Beasiswa Non Unisba > Jabar Future Leaders Scholarship

Jabar Future Leaders Scholarship

Merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3 yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun – non akademik. Program ini memfasilitasi masyarakat Jawa Barat yang berkuliah di pendidikan tinggi dan berada di wilayah Jawa Barat. Pemberian beasiswa tersebut bertujuan menyiapkan generasi muda Jawa Barat sebagai calon pemimpin di masa depan. Setiap mahasiswa nantinya menerima manfaat bantuan biaya pendidikan serta program pembinaan dan pendampingan. Beasiswa Jabar Future Leaders mempunyai dua skema program beasiswa untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Jabar melanjutkan pendidikan ke jenjang Pendidikan Tinggi, yaitu melalui jalur Prestasi Akademik dan Prestasi Non-Akademik.

A. JALUR PRESTASI AKADEMIK

Program Jabar Future Leaders Scholarship – Prestasi Akademik terbagi lagi menjadi 5 skema yaitu :

  1. Beasiswa Pendidikan Sl Penuh (4 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah. Besaran biaya kuliah tergantung UKT dari kampus bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  2. Beasiswa Pendidikan S2 (2 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah sesuai persyaratan biaya dari kampus yang bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  3. Beasiswa Pendidikan S3 (4 Tahun): berupa bantuan biaya kuliah sesuai persyaratan biaya dari kampus yang bersangkutan dengan batas maksimal dari Pemprov Jabar.
  4. Beasiswa Pendidikan S1 Percepatan Akses Pendidikan Tinggi (1 Tahun): berupa dana penunjang pendidikan diberikan satu kali.
 

Berikut persyaratan masing-masing program beasiswa :

1. Bantuan Biaya Pendidikan Jenjang SI, D3 PSDKU, dan D4/Sl PSDKU

Ketiga jenis bantuan biaya pendidikan tersebut mempunyai persyaratan yang sama yaitu:

  1. Maksimal batas tahun kelulusan dari SMA/SMK/Pondok Pesantren/Sederajat adalah 3 tahun terakhir (merupakan lulusan 2017, 2018, 2019, dan 2020).
  2. Melampirkan nilai USBN dan jika ada UTBK. Batas   rat-a rata nilai adalah 6.0 skala 10 atau 60.0 skala 100.
 
2. Bantuan Biaya Pendidikan S2

Persyaratan:

  1. Berusia maksimal 35 tahun.
  2. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK Sl minimal 3.0 skala 4.
  3. Skor TOEFL ITP minimal 500 atau iBT min. 61 atau TOEIC min. 600 atau IELTS min. 5.
 

3. Bantuan Biaya Pendidikan S3

Persyaratan :

  1. Berusia maksimal 40 tahun.
  2. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK S2 minimal 3.0 skala 4.
  3. Skor TOEFL ITP minimal 500 atau iBT min. 61 atau TOEIC min. 600 atau IELTS min. 5.
 
4. Percepatan Akses Pendidikan Tinggi
Persyaratan untuk Mahasiswa Baru :
  1. Maksimal batas tahun kelulusan dari SMA/SMK/Pondok Pesantren/Sederajat adalah 3 tahun terakhir (merupakan lulusan 2017, 2018, 2019, dan 2020).
  2. Melampirkan nilai USBN dan jika ada UTBK. Batas rata -rata nilai adalah 6.0 skala 10 atau 60.0 skala 100.
 
Persyaratan untuk Mahasiswa Aktif :
  1. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK minimal 3.0 skala 4.0.
 
Berkas Dokumen yang dibutuhkan untuk Jalur Prestasi Akademik :
  1. Surat keterangan diterima dari perguruan tinggi yang telah ditentukan (LoA Unconditional).
  2. _
    • Untuk pelamar Bantuan Biaya Pendidikan Jenjang S1 dan Percepatan Akses Pendidikan Tinggi yang merupakan mahasiswa baru : melampirkan SKHUN (bagi pendaftar lulusan 2017/2018/2019), ljazah, dan surat hasil UTBK Uika ada). Serta Sertifikat TOEFL/IELTS (tidak diwajibkan/tambahan).
    • Untuk pelamar Percepatan Akses Pendidikan Tinggi yang sedang berkuliah : melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa serta Kartu Hasil Studi (KHS). Serta Sertifikat TOEFL/IELTS (tidak diwajibkan/tambahan).
  3. Untuk pelamar Bantuan Biaya Pendidikan S2 dan Bantuan Biaya Pendidikan S3 : melampirkan ljazah dan Transkrip Nilai sebelumnya. Selain itu peserta juga wajib melampirkan Sertifikat TOEFL/IELTS.
  4. Curriculum vitae.
  5. Essay menggunakan Bahasa Indonesia berkaitan dengan Statement of purposes ditulis minimal 400 kata.
  6. Surat pemyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  7. Menandatangani pakta integritas.
  8. Melampirkan salinan PBB rumah dan penggunaan listrik di rumah. Apabila menggunakan token, bisa mengunggah bukti pembelian token yang menunjukkan keseluruhan penggunaan listrik selama satu bulan terakhir.
  9. Proposal penelitian sejalan dengan sembilan pembangunan Jabar (khusus bagi pelamar Bantuan Biaya Pendidikan S2 dan Bantuan Biaya Pendidikan S3).
 
 
B. JALUR PRESTASI NON-AKADEMIK
Program Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship-Prestasi Non-Akademik diberikan dalam bentuk dana penunjang pendidikan yang diberikan satu kali. Program beasiswa ini terbagi kedalam 4 macam prestasi, yaitu:
  1. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Keagamaan (1 Tahun)
  2. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Olahraga (1 Tahun)
  3. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Seni dan Budaya (1 Tahun)
  4. Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Aktivis (1 Tahun)
 
Persyaratan Beasiswa Prestasi Non-Akademik :
  1. Maksimal tiga tahun terakhir dari batas tahun kelulusan SMA/SMK/Pondok Pesantren/Sederajat (Mahasiswa Baru Jenjang D3/D4/S1).
  2. Melampirkan nilai UN (bagi pendaftar lulusan 2017/2018/2019), USBN, dan jika ada UTBK, batas rata-rata nilai adalah 6,0 skala 10 atau 60,0 skala 100 (Mahasiswa Baru Jenjang D3/D4/S1).
  3. Memiliki surat keterangan diterima dari perguruan tinggi yang telah ditentukan (D3/D4/S1).
  4. Usia Maksimal 25 tahun (Untuk Mahasiswa Berjalan).
  5. Melampirkan transkrip nilai dengan IPK  minimal  3,0  skala 4,0 (Untuk Mahasiswa Berjalan.
  6. Memenuhi persyaratan khusus berikut :
    • Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Keagamaan : Hafal AI-Quran minimal 5 Juz (ditandai dengan sertifikat yang berlaku).
    • Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Olahraga : Menjuarai Kejuaraan minimal tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau  masyarakat (dibuktikan dengan sertifikat yang berlaku maksimal 3 tahun terakhir).
    • Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Seni dan Budaya : Mengikuti dan mendapatkan apresias1 Karya Seni/Festival/Kegiatan minimal tingkat Nasional (Tim) dan tingkat Provinsi (lndividu). Dibuktikan sertifikat yang berlaku maksimal 3 tahun terakhir.
    • Untuk pelamar yang mendaftar Jalur Prestasi Aktivis : Berkontribusi aktif di Organisasi Kesiswaan, Kemahasiswaan dan/atau Kemasyarakatan (karang taruna) minimal dalam 3 tahun terakhir. Ditandai dengan rekomendasi organisasi terkait.
 
Berkas Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Jalur Non-Prestasi :
  1. Merupakan warga Jabar, dibuktikan dengan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Jika saat ini belum mempunyai KTP bisa menggunakan Kartu Pelajar (SMA/SMK/Sederajat).
  2. Pas Photo ukuran 3 x 4.
  3. Kartu Tanda Mahasiswa untuk Mahasiswa Berjalan/On-Going.
  4. Surat keterangan diterima dari perguruan tinggi yang telah ditentukan (LoA Unconditional) atau Tanda aktifkuliah untuk mahasiswa berjalan/On-Going.
  5. SKHUN (bagi pendaftar lulusan 2017 2018 /2019),ljazah, dan surat basil UTBK Uika ada).
  6. KHS (Kartu  Hasil  Studi)  untuk Mahasiswa Berjalan/On-Going .
  7. Sertifikat TOEFL/IELTS  (tidak diwajibkan /tambahan).
  8. Curriculum vitae.
  9. Essay menggunakan Bahasa Indonesia berkaitan dengan Statement of purposes ditulis minimal 400 kata.
  10. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  11. Menandatangani pakta integritas.
  12. Melampirkan salinan PBB rumah dan penggunaan listrik di rumah. Apabila menggunakan token, bisa mengunggah bukti pembelian token yang menunjukkan keseluruhan penggunaan listrik selama satu bulan terakhir.
Translate »