Aug 16, 2018 Last Updated 3:41 AM, Aug 16, 2018

Unisba Jalin Kerjasama dengan Bank Syari’ah Bukopin

Published in Berita
Read 338 times
Rate this item
(0 votes)

           

HUMAS-Dalam rangka meningkatan pelayanan terhadap mahasiswa mengenai perbankan syariah, Universitas Islam Bandung (Unisba) menjalin kerjasana dengan PT Bank Syariah Bukopin (BSB).  Kerja sama ini meliputi pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah milik BSB. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi,SH.,MH., dan Direktur Utama BSB, Saidi Mulia Lubis di Ruang Rektorat, Jl. Tamansari No. 20, Bandung, Kamis (19/4).

Rektor mengatakan, silaturahmi yang dijalin melalui penandatangan MoU ini memberikan manfaat bagi Unisba di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Manfaat lebih besar untuk institusi, khususnya bagi Unisba adalah di bidang tri dhrama perguruan tinggi yaitu pengajaran, pendidikan dan penelitian kepada masyarakat. Tiga bidang ini yang menjadi tugas perguruan tinggi,” kata Rektor.

Sementara itu,  Direktur Utama BSB Saidi Mulia Lubis, mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk memanfaatkan produk dan jasa perbankan syariah milik BSB. "Adanya MoU ini, BSB akan bersinergi dengan kampus Unisba dalam penggunaan produk dan jasa yang dimiliki oleh bank," ujarnya.

Direktur BSD mengatakan, salah satu bentuk kerja samanya adalah dengan membuat laboratorium perbankan syariah berupa Mini Bank Syariah. Bank ini, bisa dimanfaatkan Unisba untuk melaksanakan kegiatan atau mata perkuliahan.

Dikaitkan dengan fungsi Bank di luar Tri Dharma Perguruan Tinggi, kerjasama ini dapat lebih dieksekusi dan direalisasikan di tingkat Yayasan sebagai pengelola keuangan, sedangkan Unisba mengelola bidang akademik.

Di tingkat Fakultas, MoU ini dapat diaplikasikan di Fakultas Syariah yang memiliki Prodi Perbankan Syariah dan di Fakultas Hukum yang memiliki konsentrasi Hukum Bisnis. Selain itu aplikasi perbankan ini juga dapat diterapkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dengan demikian, para mahasiswa yang menggeluti bidang perbankan sekaligus bisa mempraktikkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan  produk dan jasa yang diberikan pihak perbankan.

Rektor berharap, kerjasama ini dapat terus berlanjut dan dapat membawa kebaikan bagi Unisba dan Bank Syariah Bukopin.(Eki/Sari/Fuad)

Last modified on Jumat, 20 April 2018 09:44