Oct 16, 2018 Last Updated 8:52 AM, Oct 15, 2018
 
 
 

Kuliah di Kampus Bergengsi Sarat Prestasi

Published in Karya
Read 772 times
Rate this item
(1 Vote)

M.E. Fuady, S.Sos., M.Si. (Kabag Humas Unisba) - Sebagai perguruan tinggi swasta berlandaskan Islam, Universitas Islam Bandung(Unisba) memiliki nilai lebih dibanding perguruan tinggi swasta lain karena selalu memasukan nilai keislaman dalam setiap aspek pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat.

Hal tersebut ditunjang dengan diwajibkan nya setiap mahasiswa untuk mengikuti pesantren mahasiswa baru, pesantren calon sarjana dan profesi dokter, serta Pendidikan Agama Islam disetiap semester. Setiap langkah tersebut diambil agar tiap lulusan Unisba dapat menempuh kehidupannya dengan nilai -nilai keislaman.

Unisba merupakan perguruan tinggi besar berakreditasi A, termasuk BO per­guruan tinggi dengan jumlah mahsiswa diatas 10.000 dari sekitar 4.000 PT di Indonesia. Berdasarkan penilaian Kemenristekdikti, Unisba tiga tahun berturut-turut menempati urutan 100 PT terkemuka di Indonesia. Pertengahan tahun lalu, Unisba meraih penghargaan Juara I Sistem Penjaminan Mutu Internal(SPMI) dari1.600 PTN dan PTS diluar PTN Berbadan Hukum se-lndonesia dari Kemenristekdikti di Makassar pada Hari Teknologi Nasional.

Survei Nasional Pusat Data dan Analisis Tempo menyebutkan Unisba adalah salah satu PTS favorit calon mahasiswa di Indonesia melalui enam prodi, yakni Hukum, Kedokteran, llmu Komunikasi, Psikologi, Manajemen, dan Akuntansi. Tak heran, setiap tahun pendaftar Unisba, baik jalur PMDK maupun USM, selalu meningkat.

Fakultas IImu Komunikasi Unisba yang berakreditasi “A” setiap tahun meraih penghargaan sebagai Best School of Communication dari majalah Mix Marketing. Lima prodi lainnya, yakni Manajemen, Akuntansi, llmuEkonomi, Hukum, dan Perencanaan Wilayah/Kota pun meraih Akreditasi “A”. Fakultas Dirasah(Syariah,Dakwah,Tarbiyah) Unisba juga berhasil menduduki peringkat pertama kategori Fakultas Agama Islam dilingkungan Kopertais Wilayah II Jabar dan Banten.

Dalam berbagai ajang internasional dan nasional, Unisba selalu meraih prestasi.Tim Softball Unisba meraih juara I dalam event Partha Anniversary 2017    International Championship. Dinda Ayuningtyas (Fikom) menyabet emas dalam 3rd lnternasional Karate Championship BKC Open 2017. Paduan Suara Mahasiswa Unisba juga meraih perak dalam 6th Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017.

Di ajang lnternasional IMPACT2017, Universiti Sains Malaysia, Fikom Unisba berhasil menyabet tiga gelar juara. Juara pertama untuk kategori Fotografi oleh Tengku Muhammad Radithya Dipoetra, juara kedua untuk kategori Feature Writing oleh Salsabila Putri, dan juara ketiga untuk kategori Video Advertising oleh Abdul Azis. Kompetisi prestasi mahasiswa komunikasi ini diikuti oleh peserta dari Malaysia, Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Prestasi lainnya, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba meraih juara favorit diajang National Youth lnovative Competition 2017 dan Prodi PG-PAUD Unisba meraih juara 2 Olimpiade PAUD nasional di Malang.

Pembangunan gedung dekanat

Mulai Januari ini, Unisba mulai melakukan pembangunan gedung dekanat di Jalan Taman Sari 24-26. Gedung ini direncanakan memiliki 8 tingkat dan 3 lantai basement. Jumlah lantai tersebut digunakan untuk perkantoran semua fakultas.

Menurut Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., dengan basement ini, diperkirakan Unisba akan mampu menampung sebanyak 2.600 sepeda motor dan 250 mobil."Gedung baru ini menjadi solusi perparkiran kampus. Jika gedung yang baru sudah rampung, semua dekanat akan menempati nya sehingga nanti gedung dekanat lama, akan dikhu­suskan untuk kegiatan perkuliahan.

Saat peletakan batu  pertama gedung Rabu (17/1), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Unisba memiliki daya saing yang luar biasa. "Keilmuan keislamannya sudah yakin dan mantap, dipadu dengan cara berkomunikasi pada era digital. Nantinya lulusan Unisba yang akan membawa pesan Islam di mata dunia.”

Di usia lebih dari setengah abad, Unisba telah menunjukkan komitmen dan peran sertanya pada masyarakat Jawa Barat dan Indonesia. Unisba menjadi sebuah perguruan tinggi Islam yang memberikan kontribusi dan solusi dalam menuntaskan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan umat.

Untuk itulah Unisba pada masa kini dan akan datang akan mendorong ter­wujudnya visi menjadi perguruan tinggi yang mandiri, maju, dan terkemuka di Asia. (Sumber : Kompas Hal. 19, 19 Januari  2018)

Agenda

No events