Nov 24, 2017 Last Updated 9:43 AM, Nov 22, 2017

Menempuh Studi di Kampus Bergengsi

Published in Karya
Read 715 times
Rate this item
(0 votes)

M.E. Fuady, S.Sos., M.Si. (Kabag Humas Unisba) -  Sebagai perguruan tinggi swasta berlandaskan Islam, Universitas Islam Bandung (Unisba) memiliki  nilai lebih dibanding perguruan tinggi swasta lain karena selalu memasukan nilai keislaman dalam setiap aspek pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. Hal tersebut ditunjang dengan diwajibkannya setiap mahasiswa untuk mengikuti pesantren mahasiswa baru, pesantren calon sarjana dan profesi dokter, serta pembekalan pendidikan Islam di setiap semester.

Tiap kajian ilmu yang ditanamkan juga menjadi konsentrasi penting Unisba. Fasilitas dan kualitas pendidikan, serta sarana dan prasarana terus ditingkatkan. Berbagai upaya tersebut berbuah manis dengan dengan diraihnya akreditasi “A” untuk Fakultas Ilmu Komunikasi serta penghargaan keempat kalinya sebagai Best School of Communication dari majalah Mix Marketing.

Dua prodi lainnya, yakni Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba pun meraih akreditasi A. Fakultas Dirasah (Syariah, Dakwah, Tarbiyah) Unisba juga berhasil menduduki peringkat pertama kategori Fakultas Agama Islam di lingkungan Kopertais Wilayah II Jabar dan Banten.

Hasil positif ditunjukan melalui peningkatan peminat Unisba sebesar 30% pada tahun 2015 dibanding tahun sebelumnya. Survey Pusat Data dan Analisis Tempo (2016) menyebutkan Unisba merupakan salah satu tujuan favorit para calon mahasiswa di Indonesia melalui enam prodi yakni Hukum, Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Manajemen, dan Akuntansi. Keenam prodi tersebut juga merupakan salah satu dari sekian banyak prodi yang diminati di Unisba.

Unisba juga berhasil meraih peringkat 32 dari 3320 perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan penilaian Kemenristekdikti. Penilaian ini didasarkan pada Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Manajemen dan Organisasi, Kualitas Kegiatan Mahasiswa, serta Kualitas Penelitian dan Publikasi. Prestasi ini tentunya mendorong Unisba untuk meraih peringkat yang lebih baik lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Karakter

Rektor Unisba Prof. Dr. dr. Thaufiq S. Boesoirie, MS., Sp. THT-KL(K) menegaskan, Unisba memiliki misi menghasilkan sarjana berakhlak karimah dengan karakter Mujahid (Pejuang), Mujtahid (Peneliti), dan Mujaddid (Pembaharu).

Karakter pekerja keras, kreatif, dan inovatif yang ditanamkan Unisba mengukuhkan mahasiswa untuk selalu optimal dalam berbagai aktivitas yang digelutinya.

Akhir Januari 2017, Unit Baseball Softball (UBS) Unisba berhasil meraih prestasi sebagai Juara 1 Indonesia Intercollegiate Softball League (IISL). Dalam ajang tersebut, tim softball Unisba berhasil menyandingkan piala juara 1 putra dan putri. Sebelumnya, tim putra dan putri UBS Unisba juga meraih prestasi juara 1 kejuaraan softball antar perguruan tinggi se-Asean pada 2015. Unisba adalah satu-satunya Perguruan Tinggi yang berhasil menyandingkan beberapa piala kejuaraan softball untuk tim putra dan putri sekaligus.

Di negara tetangga, Malaysia, Jajang Jamaluddin Mahasiswa Fikom Unisba meraih Juara I  Lomba Menulis Feature dalam IMPACT 2016 yang diselenggarakan Universiti Sains Malaysia (USM). Tim Film Pendek Lab. Film Fikom sukses menjadi yang terbaik meraih Juara I kategori Film Pendek dengan karyanya, “Ngertakeun Bumi Lamba”. Septian Gusti Suharto Putra, mahasiswa Fikom, turut melengkapi keberhasilan Tim Unisba di Malaysia dengan meraih Juara III Lomba Fotografi. 

Beberapa prestasi juga diraih organisasi kemahasiswaan di Unisba. Paduan Suara Mahasiswa (Pasuma) Universitas Islam Bandung (Unisba) meraih juara satu dan dua lomba menyanyi grup ajang Muslimah Fest. Pasuma Unisba menyisihkan lebih dari seratus  tim dari seluruh Indonesia.  Pasuma juga menjadi juara satu lomba jingle iklan berbagai produk.

Keterlibatan organisasi kemahasiswaan Unisba dalam kegiatan nasional dan internasional juga cukup menonjol, seperti Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unisba yang rutin menangani kegiatan Peringatan Konperensi Asia Afrika di Bandung.

Prestasi yang mengharumkan nama Unisba, kota Bandung dan Indonesia, dicapai Mapenta Unisba. Dua anggota pecinta alam dari Mapenta Unisba telah mengibarkan bendera Unisba di atas puncak Gunung Lobuche East di Pegunungan Himalaya. Ekspedisi ini salah satunya adalah untuk merayakan Milad Unisba.

Sementara itu, di bidang akademik, Unisba juga tercatat sebagai PT yang konsisten menyelenggarakan kegiatan ilmiah Seminar Penelitian Sivitas Akademik SPeSIA tiga tahun berturut-turut sebagai diseminasi karya ilmiah mahasiswa ke kalangan publik.

Pada SPeSIA yang diselenggarakan 30 Januari 2017, mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitiannya sebanyak 600 peserta/artikel, yang berasal dari Fakultas Syariah  (61), Fakultas Dakwah (19), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (19), Fakultas Hukum (66), Fakultas Psikologi (49), MIPA (31), Fakultas Teknik (120), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (132), dan Fakultas Ilmu Komunikasi (103)

Tentu masih banyak prestasi lainnya yang pernah diraih Unisba. Seiring dengan perkembangan waktu, Unisba selalu meningkatkan kualitas agar senantiasa memberikan yang terbaik bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya insani di Tanah Air. (Sumber : Kompas Hal. 33, 03 Februari 2017)