Apr 25, 2017 Last Updated 12:00 AM, Apr 20, 2017

UPT Bahasa

Kategori: Profil Instansi
Dilihat: 4960 times

UPT Bahasa menyelenggarakan baik kegiatan praktikum regular maupun kegiatan non reguler di lingkungan Unisba. Kegiatan pengembangan kebahasaan di Unisba tersebut diselenggarakan dengan menggunakan anggaran Unisba tersebut dan anggaran di luar Unisba. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan berdasarkan Rencana Program Kegiatan Tahun Akademik 2013/2014 diantaranya adalah :

1. Kegiatan regular berupa praktikum bahasa Inggris yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunkasi semester 1. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktikum ini sebanyak 370 mahasiswa.

2. Kegiatan Forum Bahasa Inggris berupa "Penguatan Kemampuan Dosen melalui TOEFL". Peserta kegiatan sebanyak 120 orang terdiri dari dosen-dosen Unisba. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Unisba dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kegiatan ini diperuntukan untuk para dosen Unisba dalam meningkatkan skor TOEFL sebagai syarat admnistrative untuk mendapatkan NIDN dan SERDOS. Acara ini berupa seminat mengenai tahapan yang harus dilakukan dalam mengerjakan soal TOEFL kemudian dilanjutkan dengan tes TOEFL yang dilakukan oleh UPI. sebelumnya dengan anggaran Universitas, Warek II menyelenggarakan pelatihan TOEFL untuk para dosen sehingga para dosen memiliki persiapan yang cukup dalam menghadapi tes TOEFL.

3. Kegiatan Forum Bahasa Arab untuk para dosen dan mahasiswa Unisba. Selain Bahasa Inggris, Bahasa Arab yang juga merupakan ciri khas dari Unisba yang diajarkan kepada para dosen dan mahasiswa Unisba dalam bentuk pelatihan khusus. Ketertarikan Unisba dengan Negara-negara di Timur Tengah dalam bentuk kerjasama di berbagai bidang menyebabkan kebutuhan akan dosen dan mahasiswa yang bisa berbahasa Arab semakn meningkat. Mengingat urgensi ini maka UPT. Bahasa menyelenggarakan kegiatan ini sebagai upaya untuk peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa dalam bahas Arab. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang mahasiswa Unisba.

4. Kegiatan UPT. Bahasa dengan ELC (English Learner Community) berupa kegiatan seminar dan kompetisi SMA se- Kota Bandung. Kegiatan ini menekankan pada pentingnya mempelajari Bahasa Inggris dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetisi yang dilakukan berupa debate and storytelling competition. Kompetisi ini diikuti oleh 10 SMA se-Kota Bandung dengan memperebutkan piala UPT. Bahasa dan Hadiah berupa uang untuk pembinaan siswa SMA dalam mempelajari Bahasa Inggris.

5. Kegiatan Road Show " Cerdas Berbahasa Inggris Anak Indonesia"  berupa kegiatan Talk show mengenai pentingnya pendidikan Bahasa Inggris sejak dini kepada siswa SD se-Kota Bandung. Peserta berasal dari 9 sekolah dasar se-Kota Bandung, seminar melibatkan orang tua sebagai faktor pendukung utama dalam pembelajaran Bahasa Inggris kepada para anaknya kemudian diikuti dengan games edukatif yang diikuti oleh peserta siswa SD.