Feb 24, 2017 Last Updated 12:00 AM, Feb 24, 2017

MEMBANGUN KAMPUS RAHMATAN LIL ALAMIN

Published in Hikmah
Read 1445 times
Rate this item
(2 votes)

Prof. Dr. dr. M. Thaufiq S. Boesoirie, MS., Sp. THT-KL(K) - Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Rasulullah diutus untuk membawa Islam menjadi rahmat bagi semesta alam. Artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, serta sesama manusia. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat al-Anbiya ayat 107, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. Sepeninggal Rasulullah, menjadikan Islam sebagai rahmatan lil alamin menjadi tugas kita sebagai pengikutnya.

Perguruan tinggi (PT) adalah rumah peradaban dan kebun ilmu. Di situ pula dibina lahan jati diri dan harga diri. Perguruan tinggi haruslah menghasilkan ilmuwan yang berakhlak dan berkarakter. Tatkala orang bermasalah, seperti koruptor, muncul dari banyak perguruan tinggi, berarti ada yang salah dengan pola pendidikan di kampus.

Oleh karenanya, nilai-nilai agama perlu untuk dipelajari dan diamalkan. Nilai Islam itu pula yang menjadi dasar dalam aktivitas pendidikan di perguruan tinggi. Dengan nilai agama, produk kampus adalah ilmuwan yang senantiasa mengingat Allah dalam kondisi apapun. Agama membuat ilmuwan berakhlak terpuji dan memiliki keteladanan (jujur, amanah, rendah hati, tawadlu, lemah lembut, dan istiqamah).

Orang berilmu harus meneladani Rasulullah yang memiliki kasih sayang terhadap setiap insan. Dengan kasih sayang inilah, Rasulullah menjadikan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Para ilmuwan mengajarkan ilmu kepada orang lain perlu dilandasi kasih sayang. Kasih sayang inilah yang dapat menggetarkan hati setiap anak manusia untuk menjadi hamba Allah yang lebih baik.

More in this category: 3 CIRI KESEMPURNAAN IMAN »