Mar 22, 2017 Last Updated 12:00 AM, Mar 20, 2017

Pascasarjana

Kategori: Profil Instansi
Dilihat: 12842 times

Website : http://pasca.unisba.ac.id/

Pascasarjana
Program Pascasasrjana (PA) didirikan pada tanggal 9 Juli 1998, sesuai dengan program studi yang pertama berdiri, yaitu Program Studi Ilmu Hukum, berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Nomor : 235/DIKTI/Kep/1998, tertanggal 9 Juli 1998.

Program Doktor (S3)

Sejak tahun 1998 Program Pascasarjana Universitas Islam Bandung menyeleggarakan Program Magister (S2) Ilmu Hukum dengan Konsentrasi Hukum Islam, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara/OTDA Hukum Bisnis dan Hukum Kesehatan, dan Terakreditasi SK BAN PT Nomor: 003/BAN-PT/Ak-III/S2/II/2005.

Alhamdullilah pada Tahun 2006 mendapat ijin dari Dirjen Dikti menyelenggarakan Program Doktor (S3) Ilmu Hukum dengan Nomor : 4925/D/T/2006, dan sekarang Terakreditasi B. SK BAN-PT.NO.024/BAN-PT/AK-X/S3/I/2012.

Program Magister (S2)
Program Magister memiliki lima program studi. Empat program studi penyelenggaraannya di bawah binaan Dirjen Dikti Depdiknas, yaitu Program Studi Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Psikologi dan Manajemen sedangkan satu program studi lainnya yaitu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di bawah binaan Dirjen Binbaga Islam Depag RI. Secara kronologis lahirnya program studi tersebut adalah sebagai berikut

a. Program Studi Ilmu Hukum
Berdasarkan keputusan direktur Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi republik indonesia nomor 235/Dikti/kep/1998 tanggal 09 Juli 1998. Universitas Islam Bandung menyelenggarakan program magister (S2) Ilmu hukum dengan konsentrasi hukum islam, hukum pidana, hukum administrasi negara dengan kekhususan otonomi daerah, dan hukum bisnis, tahun 2015 telah Terakreditasi A-843/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015.

Dokter dan dokter gigi sebagai profesi yang mulia, bebas dan penuh pengabdian. Namun demikian, saat ini mulai adanya pengaruh hukum yang cukup penting terhadap keberlangsungan keleluasaan profesi dokter dan dokter gigi memahami hukum, paling tidak mengetahui mana yang sesuai hukum dan mana yang melanggar hukum dalam menjalankan profesinya.

Berdasarkan hal itu, Tahun akademik 2006/2007 program studi ilmu hukum Pascasarjana UNISBA membuka konsentrasi hukum kesehatan.

Sehubungan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat dan konsekuensi Indonesia sebagai anggota WTO, maka diperlukan ahli -ahli Hukum Internasional yang menguasai hukum internasional publik maupun privat maka tahun 2012 Pascasarjana Unisba membuka Konsentrasi Hukum Internasional.

b. Program Studi Pendidikan Islam
Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dan sebagai dinamisator masyarakat itu sendiri. Sesuai dengan sunnatullah, masyarakat akan terus berubah dengan membawa nilai-nilai baru, terlebih lagi di era globalisasi yang sarat dengan nuansa kompetitif, orientasi mutu, keterbukaan dan jaringan kerjasama. Untuk menghadapi kondisi seperti ini sangat dibutuhkan system pendidikan yang handal.

Kini keberpihakan pemerintah terhadap pendidikan semakin besar, antara lain tampak dengan lahirnya UU RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, PP RI no.19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan UU RI No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Salah satu aspek yang belum optimal, namun sangat strategis dalam menigkatkan mutu SDM pendidikan adalah aspek manajemen pendidikan. Kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai aspek ini tengah dirasakan dewasa ini oleh para stakeholders di bidang pendidikan, pengelola/praktisi pendidikan, kepala sekolah dan guru.

Untuk merespon kondisi tersebut, sejak tahun 1999 program  Pascasarjana Unisba telah berpartisipasi dalam pengembangan SDM bidang pendidikan dengan membuka Program Magister Pendidikan Islam dengan keputusan Dirjen Binbaga Islam No. E/335/99 tanggal 20 Oktober 1999.

Tahun 2014 Magister Pendidikan Islam telah  terkareditasi B – SK BAN-PT No : 183/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014

c. Program Studi Ilmu Komunikasi
Peluang bidang ilmu komunikasi di masyarakat semakin hari semakin tinggi tidak ada satu sektor pun dalam bidang kehidupan masyarakat yang tidak bersentuhan dengan komunikasi. Program aktifitas kebijakan aturan di bidang Ekonomi, politik, agama, hukum, kesehatan, sosial, budaya akan lebih efektif dan tertata secara profesional manakala sudah maknai sama (communess) oleh para stakeholdersnya. Untuk itu tenaga profesional di bidang komunikasi dengan kualifikasi magister saat ini lebih banyak diperlukan masyarakat. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Unisba mendirikan Magister Komunikasi Berdasarkan surat ijin penyelenggaraan Dirjen Dikti Diknas Nomor 2952/D/T/2003, tanggal 10 Oktober 2003, menyelenggarakan Program Magister Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, dan Komunikasi Dakwah.

Pada Tahun 2013 Magister Ilmu Komunikasi telah terakreditasi B – SK BAN-PT No : 238/SK/BAN-PT/AK-XI/M/2013

d. Program Studi Psikologi Profesi
Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung didirikan pada tahun 1973, dan berdasarkan SK BAN PT Nomor :035/BAN  PT/Ak-VII/S1/VIII/2004 telah memperoleh akreditasi A. Misi yang dibawa adalah mengintegrasikan Psikologi dengan Islam dalam usaha memahami perilaku manusia.

Dalam perkembangannya sesuai dengan perubahan yang berlangsung, Fakultas Psikologi telah menyelenggarakan program pendidikan profesi tahun 1996 sampai dengan tahun 2004 dan telah menghasilkan 150 Psikolog yang telah bekerja di berbagai bidang/ lapangan pekerjaan.

Sejalan dengan perubahan dalam dunia keilmuan, keprofesian, dan berdasarkan kesepakatan Kolokium Psikologi indonesia, maka pendidikan magister profesi psikologi dilaksanakan mulai tahun akademik 2005-2006. Izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Nomor: 786/T/2006.

Pada Tahun 2015 Magister Psikologi Profesi telah terkareditasi C – SK BAN-PT No : 1015/SK/BAN-PT/Akred/PSPP/IX/2015

e. Program Studi Manajemen
Berdasarkan surat ijin Dirjen Dikti Nomor 1086/D/T/2007, tanggal 09 Mei 2007. Program Pascasarjana Unisba menyelenggarakan Program Magister Manajemen dengan Konsentrasi Manajemen Keuangan dan Perbankan, Manajemen Kepemimpinan, dan Manajemen Kewirausahaan.

Pada Tahun 2013 Magister Manajemen terakreditasi C SK BAN-PT No : 193/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/IX/2013

Tujuan Pendidikan :
Program Pascasarjana secara umum bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keislaman dan keilmuan yang komprehensif dan integratif dalam melahirkan pemikiran, dan melakukan tindakan yang berguna bagi diri, masyarakat, lingkungan, agama, nusa dan bangsa yang didasari 3 M (Mujahid, Mujtahid, dan Mujaddid).