Sep 23, 2017 Last Updated 1:11 AM, Sep 22, 2017

PG PAUD

Visi

Menjadi Prodi. PG-PAUD terkemuka, termaju, dan profesional dengan spirit mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu).

Misi

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan untuk menghasilkan tangga guru/pengelola/Tutor/Peneliti PAUD profesional dan islami
  • Menyelenggarakan penelitian dalam bidang PAUD
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang PAUD

Tujuan

  • Menghasilkan guru/pengelola/tutor PAUD yang meiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, profesional dan berakhlakul karimah
  • Menghasilkan guru/pengelola/tutor yang kreatif dan inovatif sesuai syariat Islam dalam bidang PAUD
  • Menghasilkan guru/pengelola/tutor PAUD yang berjiwa mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu)
  • Menghasilkan guru/tutor PAUD yang siap menjadi agent of social change untuk menata kehidupan Islami di lingkungan PAUD formal dan non-formal
  • Menghasilkan guru/tutor PAUD yang siap bekerja dan berjiwa entrepreneur serta siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi

Kurikulum

Kurikulum yang berlaku di PG-PAUD Unisba adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengacu pada aturan Pemerintah antara lain: Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi akademik dan Kompetensi guru, Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Nasional PAUD. Keunggulan kurikulum PG-PAUD Unsiba adalah:

  • Memberikan pengetahuan mendalam tentang Perkembangan Anak Usia Dini dengan berbagai aspeknya
  • Memberikan bekal keterampilan dalam pembimbingan, pengasuhan, permainan, pembelajaran, komunikasi, pembiasaan, perawatan bagi perkembangan optimal anak usia dini, melalui kegiatan praktek di laboratorium dan praktek lapangan
  • Memberikan pengetahuan, skill, dan jiwa enterpreunersip dalam mengembangkan dan mengelola PAUD
  • Memberikan bekal nilai-nilai keislaman bagi kehidupan pribadi calon guru/tutor/pengelola PAUD dan bagi pembinaan anak usia dini yang dididiknya

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam berdiri tahun 1962, dan sudah terakreditasi "B" BAN-PT No. 030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010, tertanggal 10 Desember 2010.

Performa Mahasiswa
1. Menghayati dan meneliti berbagai masalah pendidikan serta pengembangannya baik jalur sekolah maupun luar sekolah
2. Menguasai dan memahami dasar-dasar probematika keislaman serta penanggulangannya
3. Menguasai ilmu-ilmu bidang pendidikan dan pengajaran serta mengevaluasinya baik jalur lembaga formal, dan informal
4. Menyampaikan tata kehidupan Islam secara didaktis dan metodis di keluarga, sekolah dan masyarakat
5. Mengamalkan syari'at Islam dalam kehidupan pribadi dan keluarga sebagai suri teladan dalam kehidupan masyarakat.

Profil Lulusan
1. Kreatif dan inovatif di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Berjiwa mujahid, mujtahid, dan
     mujaddid sesuai syari'at Islam.
2. Berkualifikasi akademik, berpandangan dan bersikap profesional dan berahlak karimah
3. Berkompetensi berkepribadian, pedagogik, sosial dan profesional sesuai syari'at Islam.