Jul 21, 2018 Last Updated 9:27 AM, Jul 20, 2018

Matematika

Website Fakultas MIPA : http://mipa.unisba.ac.id/
Website Prodi Matematika : http://matematika.unisba.ac.id

Program Studi Matematika, berdiri tahun 1983, status Terakreditasi “B” BAN-PT NO.029/BAN-PT/AK-XIII/S1/XII/2010, tertanggal 3 Desember 2010. Program Studi Matematika mempunyai tiga peminatan, yaitu :

  1. Matematika Analisis & Aljabar
  2. Komputer Sains
  3. Matematika Ekonomi dan Industri

Tujuan Pendidikan :

  1. Menghasilkan insan terdidik yang berpotensi menjadi mujahid (pejuang) mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu).
  2. Menghasilkan temuan-temuan baru di bidang MIPA yag bermanfaat bagi umat, masyarakat, bangsa, dan negara, melalui berbagai kegiatan penelitian.
  3. Menegakkan nilai-nilai islam dan budaya islami secara damai kepada individu, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Kompetensi Lulusan Program Studi Matematika :

  1. Mampu menganalisa suatu permasalahan melalui penguasaan pengetahuan dasar ilmu-ilmu matematika secara analitik dan geometri, dan mampu mengabstraksikan lambang-lambang matematika secara umum dengan pendekatan teori struktur aljabar dan analisis serta dapat menafsirkan teorema-teorema matematika.
  2. Mampu bekerja sebagai tenaga ahli matematika yang terampil dalam menyusun program aplikasi komputer dalam bebagai bahasa pemrograman, menganalisis program, berpikir terstruktur dan ilmiah dalam menyelesaikan persoalan dan dapat memformulasikannya dengan solusi komputasi, juga mampu mengikuti kemajuan teknologi informasi.
  3. Memiliki pengetahua dasar-dasar matematika yang dapat diterapkan di bidang ekonomi dan industri sehingga mampu menerapkan keilmuannya di berbagai bidang industri dan perusahaan.

Statistika

Website Fakultas MIPA : http://mipa.unisba.ac.id/
Website Prodi Statistika : http://statistika.unisba.ac.id

Program Studi Statistika, berdiri tahun 1972, status Terakreditasi “B” BAN-PT NO.003/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, tertanggal 11 April 2009. Program Studi Statistika mempunyai tiga peminatan, yaitu :

  1. Peminatan Statistika Aktuaria
  2. Peminatan Statistika Riset Pemasaran
  3. Peminatan Statistika Industri

Tujuan Pendidikan :

  • Menghasilkan insan terdidik yang berpotensi menjadi mujahid (pejuang) mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu).
  • Menghasilkan temuan-temuan baru di bidang MIPA yag bermanfaat bagi umat, masyarakat, bangsa, dan negara, melalui berbagai kegiatan penelitian.
  • Menegakkan nilai-nilai islam dan budaya islami secara damai kepada individu, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Kompetensi Lulusan Program Studi Statistika :

  • Cakap dalam berbagai teknik statistika, serta literate dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini karena lulusan dibekali kegiatan 10 kali praktikum.
  • Mampu melanjutkan studi S2 pada semua bidang, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Pakar dalam beberapa bidang terapan statistika, khususnya bidang aktuaria, riset, pemasran, da industry.
  • Mampu bekerja sebagai tenaga konsultan memecahkan masalah, membangun model, serta menemukan berbagai fakta untuk digunakan dalam membuat keputusa.
  • Mampu bekerja di bidang asuransi dapat mengaplikasikan berbagai permodelan statistika untuk pengembangan.
  • Berbagai produk asuransi, seperti asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor, dan lain-lain.
  • Mampu bekerja sebagai tenaga ahli statistika yang handal dalam berbagai bidang aplikasi statistika industry, khususnya dalam bidang statistical process control.

FARMASI

Website Fakultas MIPA : http://www.farmasiunisba.com/

Program Studi Farmasi, berdiri tahun 2006, status Terakreditasi “C” BAN-PT No. 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010, tertanggal 3 Desember 2010.

Tujuan Pendidikan

1. Menghasilkan insan terdidik yang berpotensi menjadi mujahid (pejuang) mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu).
2. Menghasilkan temuan-temuan baru di bidang MIPA yang bermanfaat bagi umat, masyarakat, bangsa dan Negara, melalui berbagai
     kegiatan penelitian.
3. Menegakan nilai-nilai Islam dan budaya Islami secara damai kepada individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.

Kompetensi Lulusan Program Studi Farmasi

Ahli dalam proses pembuatan obat yang halalan thoyiban, juga dapat berperan dalam industri pembuatan kosmetik, alat kesehatan, makanan dan minuman serta hal-hal yang terkait dengan penjaminan mutu dan keamanan dari produk-produk tersebut.