Jan 20, 2019 Last Updated 6:11 AM, Jan 18, 2019
 
 
 

Unisba Kembali Jalin Kerja Sama dengan UUM

Published in Berita
Read 193 times
Rate this item
(0 votes)

KOMINPRO-Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali menjalin kerja sama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) melalui penandatangan MoU di Gedung Chancellor UUM, Senin (07/01). Kerjasama ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. dan Naib Canselor UUM, Prof. Dr. Ahmad Bashawir Haji Abdul Gani disaksikan Wakil Rektor I, Dekan F. Teknik, Dekan FEB, Kabag Kerjasama, Dosen FEB dan jajaran pimpinan UUM.

Dalam sambutannya, Rektor mengungkapkan, tekadnya untuk mengimplementasikan MoU ini dengan program yang nyata dan konkrit, “Kami sudah diskusi di School of Technology Management and Logustics (STML) tentang proposal riset yang dipresentasikan,” ungkapnya.

Selain itu, Unisba ingin Tri Dharma Perguruan Tinggi terjalin kesepahaman dengan UUM, “Suatu ketika UUM mengirim pencarah ke Unisba dalam beberapa masa juga sebaliknya termasuk mahasiswanya disamping penelitian dengan beberapa fakultas,” kata Rektor.

Rektor merasa Unisba harus banyak belajar dengan UUM karena UUM termasuk perguruan tinggi besar di Malaysia dan perguruan tinggi negeri.

Sementara itu, Naib Canselor UUM mengatakan, MoU ini merupakan hasil rintisan berdasarkan pengalaman dan kerjasama sebelumnya antara Unisba dan UUM yang terjalin sangat erat dan dapat dilanjutkan melalui MoU ini.

Melalui MoU ini, menurutnya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi di level internasional, “Untuk memantapkan  ilmu pengetahuan disamping menyelesaikan masalah khususnya dalam masyarakat akan membuka ruangan lebih luas untuk UUM dan Unisba bisa diterima ditingkat internasional,” ujarnya.

Beliau berharap, MoU ini dapat berkesinambungan  dan mampu memberi manfaat bagi Unisba dan UUM terutama bagi masyarakat Malaysia dan Indonesia di setiap lapisan masyarakat, sekaligus merealisasikan falsafah pendemokrasian pendidikan dalam arti yang sesungguhnya.

Langkah awal yang dilakukan setelah MoU ini, diungkapkannya, bisa dengan menjalankan penelitian bersama dengan mengikutsertakan pihak industri. Peluang dari segi finansial, lanjutnya juga bisa dilakukan dengan seminar dan workshop internasional untuk kepentingan bersama.

Di hari yang sama sebelum pelaksaan MoU, Rektor beserta rombongan lainnya berkunjung ke Gedung School of Technology Management and Logistics (STML) UMM untuk berdiskusi perihal finalisasi rencana join research bersama jajaran pimpinan dan dosen STML UUM.

Join research ini dilaksanakan dalam rangka mempromosikan kepentingan dan kerjasama antara Unisba dan STML UUM untuk melaksanakan dan mengupayakan dalam penelitian bersama mengembangkan organisasi-organisasi.

Harapannya melalui diskusi ini, baik Unisba maupun UUM kedepannya dapat memformalkan kolaborasi akademik dan penelitian bersama melalui nota kesepahaman MoA untuk mengikat kedua belah pihak. (Eki/Sari)

 

 

 

 

 

Last modified on Jumat, 11 Januari 2019 06:57