Oct 23, 2018 Last Updated 12:38 AM, Oct 23, 2018
 
 
 

Perguruan Tinggi Jangan Jadi Menara Gading

Published in Berita
Read 172 times
Rate this item
(0 votes)

Rektor Unisba Edi Setiadi (kiri) dan Direktur Bisnis PT Pikiran Rakyat Januar P Ruswita menunjukkan nota kesepahaman yang telah ditandatangani di Kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jum'at (28/9/2018).

Dikutip dari Pikiran Rakyat - Perguruan tinggi dan media massa memilki tugas mulia yang sama untuk memberikan perubahan lebih baik. Perguruan tinggi tidak boleh menjadi menara gading yang hanya berbangga diri dengan kemampuannya, tetapi tidak terjun ke tengah-tengah masyarakat.

“Tentu kita sama-sama ingin terjun ke masyarakat agar lebih bermanfaat,” kata Rektor Universitas Islam Bandung, Edi Setiadi, dalam kunjungannya ke Pikiran Rakyat untuk penandatanganan kerja sama.

Edi Setiadi yang datang bersama jajarannya diterima Direktur Bisnis, Pikiran Rakyat Januar P Ruswita, Jum;at (28/9/2018) di Aula Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika 77.

Edi mengemukakan, dari 480 perguruan tinggi swasta di Jawa Barat, secara mutu akademik Universitas Islam Bandung memperoleh akreditasi institusi A (unggul) bersama Telkom University dan Universitas Katolik Parahyangan.

“Namun, kami tidak berupuas diri, sebab mempertahankan nilai akreditasi juga tidak mudah. Kerja sama dengan Pikiran Rakyat ini sebagai salah satu upaya agar Universitas Islam Bandung lebih memberikan manfaat kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan  mutu institusi,” katanya.

Dia menambahkan, perguruan tinggi memiliki tiga tugas yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang akademik, penelitian, dan penga bdian kepada masyarakat.

“Tentu kegiatan perguruan tinggi perlu diinformasikan dan dikomunikasikan kepada masyarakat luas melalui media massa seperti Pikiran Rakyat ini. Apalagi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, juga memasukkan publikasi ilmiah di media massa untuk penilaian kinerja dosen,” katanya.

Pemberi Solusi

Direktur Bisnis Pikiran Rakyat Januar P Ruswita mengatakan, media massa tidak sebatas menyampaikan informasi dengan cepat, media harus menjadi bagian perubahan.

“Media juga dapat memberi solusi bagi masyarakat termasuk membagun karakter. Tentu dalam upaya ini media tak bisa berjalan sendiri, harus melibatkan pemerintah, dunia usaha,  dunia pendidikan, komunitas, dan lain-lain,” katanya.

Universitas Islam Bandung kaya dengan hasil penelitian yang bisa dikomunikasikan ke masyarakat agar bisa aplikatif.

“Media dan perguruan tinggi juga bisa mengadakan kegiatan bersama. Tugas kita bersama untuk membuat perubahan masyarakat kea rah yang lebih baik,” ujarnya.

Januar menambahkan, kerja sama juga untuk media dalam jaringan, radio PR FM, maupun format media lainnya yang berada di bawah Pikiran Rakyat. “Memanfaatkan seluas-luasnya media massa ini, baik media cetak maupun format lainnya untuk informasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya. (Sarnapi)