Dec 10, 2018 Last Updated 11:58 AM, Dec 10, 2018
 
 
 

Baitul Maal Unisba, dari Donatur untuk Kemanusiaan

Published in Berita
Read 1201 times
Rate this item
(0 votes)

                  

HUMAS-Baitul Maal Unisba. Mendengar nama itu, pikiran kita langsung tertuju pada dana beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa Unisba yang secara ekonomi kesulitan membayar biaya kuliah. Tapi, itu dulu. Kini kiprah Baitul Maal Unisba tak sebatas pemberian beasiswa. Lembaga yang kini diketuai Dr. Yan Orgianus, Ir.,MT., ini tak hanya peduli kepada mahasiswa Unisba tetapi juga karyawan, Cleaning Service (CS), pensiunan Unisba, bahkan orang lain yang membutuhkan uluran tangan. Tak hanya itu, kegiatan sosial lain yang juga dilakukan Baitul Maal adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

“Insya Allah Baitul Maal kini semakin menjadi jalan kebaikan bagi bersama.
Alhamdulillah kami berikhtiar menyalurkan bantuan yang diamanahkan donatur khususnya dari Sivitas Akademika Unisba diantaranya untuk mereka yang membutuhkan,” kata Pak Yan.

Belum lama ini Baitulmaal Unisba menyerahkan dana bantuan pendidikan (beasiswa) bagi Mahasiswa Unisba periode Januari-Maret 2018. Besarnya dana yang dikeluarkan pada periode Januari-Maret ini sebesar Rp.145.532.500,00.

Sementara itu pada bulan Maret 2018 lalu, Baitul Maal kembali menyalurkan dana bantuan. Kali ini yang menjadi perhatian adalah kegiatan sosial. Perwakilan Baitul Maal ditemani perwakilan karyawan, mengunjungi Bapak Ahmad Munir, mantan karyawan (CS) koperasi Unisba yang sedang terbaring sakit.

Baitul Maal juga bekerjasama dengan Fakultas Teknik Unisba memberikan bantuan paket perlengkapan Mushola bagi warga Desa Tanjung Wangi, Cicalengka, Kab. Bandung, serta membagikan sembako bagi warga terdampak Banjir Bandang Jatihandap, yang berlokasi di Jatihandap dan Cingised.

Pak Yan menjelaskan, pada kesempatan ini Baitul Maal menerima amanah donasi sebesar Rp. 66.138.561,00 dari Sivitas Akademika Unisba. Uang tersebut selanjutnya diserahkan kepada para korban banjir Jatihandap beberapa jam setelah terjadi bencana. Penyerahan bantuan dilakukan bekerjasama dengan Komunitas Sedekah Nasi dengan mengadakan Acara Baksos, berupa pemberian paket makanan dan sembako kepada 134 KK di wilayah terdampak banjir di Daerah Cingised.

Masih di bulan Maret, Baitul Maal Unisba mengadakan “Program Pijar” berupa penyuluhan dengan tema, "Bahaya Pedofilia dan Pornografi" di TK Muhammadiyah Tegallega, Bandung, dan   penyuluhan, "Mengenali Potensi Bahaya Pelecehan Seksual pada Anak". Acara ini terlaksana atas kerja sama Baitul Maal Unisba dengan Kidzsmile Foundation Bandung.

“Syukron, jazakumullah kepada donatur yang telah mengamanahkan donasinya kepada BMU,” tambah Pak Yan.

Bagi warga masyarakat yang bermaksud bersinergi dalam kebaikan silahkan kontak BMU : 0812-2223-8823 (Adhi Dwinata , Sp) atau melalui Rekening BRI Syariah No. Rek. 1034511884 atas nama Baitul Maal Yayasan Unisba.(Sari)

 

 

 

Last modified on Selasa, 17 April 2018 23:51