Dec 10, 2018 Last Updated 11:58 AM, Dec 10, 2018
 
 
 

Mahasiswa dapat Meminjam Ruangan dan Alat Secara Online

Published in Berita
Read 2644 times
Rate this item
(0 votes)

HUMAS-Berbagai kegiatan yang diselenggarakan di kampus Unisba, membutuhkan tempat yang memadai. Tak jarang panitia berlomba “mendaftar” untuk mendapatkan ruangan yang sesuai dengan tema kegiatan. Banyaknya kegiatan yang harus difasilitasi, membuat Bagian Umum, sebagai Bagian yang bertanggungjawab mengelola ruangan, kebingungan dalam mengaturnya.  

Namun, kini hal tersebut tidak akan terjadi lagi.  Bagian Umum bisa bernafas lega. Mahasiswa pun dengan mudah bisa menyesuaikan waktu penyelenggaraan kegiatan dan kapan bisa meminjam ruangan. Hal tersebut dimungkinkan setelah diluncurkannya fitur peminjaman ruangan secara online oleh Bagian Pusat Pengolahan Data (Puslahta). Melalui laman rooster.unisba.ac.id, mahasiswa akan lebih mudah melakukan kegiatan sesuai rencana dan pengecekan ketersediaan ruangan setiap waktu.

Hal tersebut terungkap dalam “Sosialisasi Pembayaran Uang Kuliah dan Peminjaman Ruangan Secara Online” di gedung Hj. Kartimi Kridoharsodjo, Rabu (7/3). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Universitas Islam Bandung (Unisba), Dr. Atih Rohaeti Dariah, SE., M.Si, Kabag Humas, M.E. Fuady, S.Sos., M.Si dan Kabag Umum,  E. Suherman, S.Pd.I., serta  pejabat dari BRI Syariah (BRIS).

Warek II menjelaskan, saat ini laman Unisba telah diperbaharui dan dapat diakses untuk melakukan proses peminjaman ruang dan alat secara online. Hal tersebut tidak lain bertujuan untuk memudahkan mahasiswa mencari informasi ketersediaan ruangan yang dapat digunakan untuk proses kegiatan organisasi atau kebutuhan lainnya.

“Melalui sistem ini, mahasiswa akan lebih mudah mengetahui apakah kegiatan dapat dilakukan sesuai rencana atau tidak, karena jika ruangan digunakan pihak lain di sistem tersebut akan tercantum tanggal pelaksanaanya. Hal ini akan memudahkan mahasiswa untuk menyesuaikan waktu yang kosong,” jelasnya.

Untuk proses peminjaman ruangan, mahasiswa dapat mengakses melalui website rooster.unisba.ac.id. Setiap mahasiswa dapat melakukan proses peminjaman ruangan dengan cara log in menggunakan NPM dan password yang sudah teregistrasi di Puslahta.

Secara teknis, Kabag Umum dan Mario, salah seorang Staff Puslahta menjelaskan, ”Jika sudah berhasil masuk, kita tinggal klik pedoman baru untuk memulai. Kemudian pilih waktu dan lama peminjaman ruangan pada menu di halaman website sehingga akan muncul ruangan apa saja yang tersedia. Setelah itu kita tinggal memasukan nomor kontak, upload surat pengajuan peminjaman ruangan, dan menunggu konfirmasi dari bagian umum,” katanya.  

Kabag Umum menambahkan,  kedepannya fitur tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas peminjaman alat seperti meja, kursi, sekaligus jumlah teknisi yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan acara.

Pembayaran Online (mobile banking)

Dalam kegiatan sosialiasi ini juga berlangsung diskusi antara mahasiswa dengan pihak Bank BRIS yang membahas tentang prosedur pembayaran kuliah di Unisba. Warek II melihat selama ini mayoritas mahasiswa Unisba melakukan pembayaran UKT secara tunai, sehingga sering terjadi antrian di Bank BRIS Kantor Kas Unisba. Warek II menyarankan agar ke depannya mahasiswa memaksimalkan alternatif lain seperti ATM, mobile banking, dan kartu debit. Hal tersebut tentu mendapat dukungan penuh dari pihak BRIS.

“Pelu diakui memang tidak sedikit mahasiswa Unisba yang melakukan pembayaran UKT secara tunai dan itu dilakukan pada hari terakhir dari waktu yang dijadwalkan. Hal ini akhirnya menimbulkan penumpukan pembayaran yang merugikan mahasiswa sendiri karena harus menghabiskan waktu untuk mengantri,” ujar Warek II.

Untuk menghindari kejadian yang terus berulang setiap semester, Warek II juga berencana untuk mewajibkan mahasiswa baru tahun ini untuk memiliki rekening BRIS. Adanya kebijakan tersebut diharapkan dapat menimbulkan awareness kepada mahasiswa sejak awal masa perkuliahan. (Feari/Sari/Fuad)