Jun 20, 2018 Last Updated 11:40 AM, Jun 8, 2018

Dekan Hadapi Tantangan Berat

Published in Berita
Read 491 times
Rate this item
(1 Vote)

HUMAS-Para Dekan baik yang sedang menjabat maupun yang baru dilantik dihadapkan pada  tiga tantangan yang tidak ringan. Pertama, mempertahankan keunggulan Unisba sebagai perguruan tinggi unggul, jumlah mahasiswa yang semakin meningkat serta program tri dharma yang terus menerus mengalami perkembangan dan peningkatan. Kedua, implementasi ruhudin di lingkungan kampus yang harus menjadi focus concern, mengingat  tujuan Unisba adalah menciptakan suasana kampus yang memancarkan cahaya ilahi dan menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah. Dan ketiga adalah peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam bidang akademik.

Demikian disampaikan Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi,SH.,MH., saat melantik lima dekan baru Unisba masa bakti 2018-2022 di Aula Unisba, Senin (4/3). Lima Dekan yang dilantik tersebut masing-masing, Dekan Fakultas Dakwah, Komarudin Saleh, Drs.,M.Si., Fakultas Tarbiyah (Enoh,Drs.,M.Ag.), Psikologi (Dr. Dewi Sartika, M.Si.), Ilmu Komunikasi (Dr. Septiawan Santana Kurnia,Drs.,M.Si.) dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Nunung Nurhayati, SE.,M.Si.Ak.,CA.

“Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah, bukan karena mendapat kesenangan, melainkan saudara mulai mendapat mandat berupa amanah memimpin fakultas masing-masing,” kata Rektor.

Tugas ini, lanjutnya,  sungguh sangat berat karena sebagaimana sabda Rasulullah bahwa “jabatan hanya akan menimbulkan kehinaan dan penyesalan di hari kemudian apabila jabatan itu dipergunakan tidak sebagaimana mestinya”.”Akan tetapi saya yakin saudara akan mengemban amanah ini dengan baik dan bertanggungjawab bersama-sama kami di Universitas,” tambahnya.

Dengan keberhasilan melaksanakan  tugas pokok tadi, Rektor yakin,  Unisba akan mampu melahirkan para pejuang, pemikir dan pembaharu. Unisba merupakan wadah pendidikan dan pembinaan kader-kader Islam yang dapat meneruskan risalah Allah kepada umat manusia. Unisba harus melahirkan ribuan ulama yang cendekia dan ilmuwan yang ulama dalam berbagai bidang ilmu dengan Al Quran dan Al Hadits sebagai dasar pijakan pengabdian karena keduanya yang merupakan mata air yang tidak akan menyesatkan.

“Tugas pokok inilah yang harus dijalankan oleh para Dekan bersama-sama Pimpinan Universitas. Kita harus menjadi tim yang solid dan bahu membahu mencapai tugas pokok ini,” tandas Rektor.

Sebagai konsekuensi dari perguruan tinggi dengan predikat unggul, kepentingan mahasiswa harus menjadi perhatian utama. Dari mulai Rektor dan jajaran struktural lainnya harus dapat memberikan pelayanan yang nyaman dan paripurna kepada mahasiswa. Rektor meminta seluruh jajaran pimpinan dan dosen Unisba harus mau mendengarkan keluhan mahasiswa dan memberi solusi yang konkrit terhadap setiap permasalahan yang dihadapinya. Selain itu mereka juga harus membuka ruang dialog dan diskusi sehingga akan tercipta hubungan yang harmonis tetapi tetap terjaga dengan peran dan status masing-masing.

Begitupun hubungan para Dekan dengan Pimpinan Universitas harus sejalan dan seiring untuk menciptaan suasana kerja yang nyaman dan tenang, saling mengerti dan menghormati serta saling menghargai sesama sivitas akademika. Rektor mengingatkan, agar semua pihak harus fokus dalam mengemban amanah untuk memajukan Unisba sesuai yang dicita-citakan. Menghindari aktifitas yang menjurus kepada“ghibah” dan perbuatan sia-sia /mubazir lainnya, dan menunjukkan bahwa insan Unisba adalah kaum intelek dan mengerti agama.

“Kepada sivitas akademika Unisba, kami menegaskan bahwa kami tidak anti kritik sepanjang kritik itu bersifat membangun dan tidak bersifat kriminal. Justru kami sangat takut apabila tidak pernah dikritik dan ditegur. Sampaikanlah kritik, teguran dan saran itu dengan cara-cara yang mencerminkan ketinggian akhlak,” pintanya.

Kepada para Dekan periode lalu, atas nama pimpinan, sivitas akademika dan seluruh karyawan Unisba, Rektor mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya atas pengorbanan, karya bakti dan pengabdian yang telah berikan kepada Unisba. Rektor menilai, mereka telah  berhasil meningkatkan kualitas serta nama baik Unisba.

“Kepada seluruh Dekan, Direktur Pasacasarajana dan para Ketua Lembaga serta Badan marilah kita bekerja untuk kejayaan Unisba dengan dilandasi niat ibadah. Faidza azamta fatawakal alal loh. Kepada, Ketua Badan Pengurus Yayasan dan jajarannya, kami ucapkan terima kasih atas semua perhatian dan dukungan yang telah diberikan kepada kami,” katanya. (sari)

 

Last modified on Senin, 05 Maret 2018 09:16