Jul 28, 2017 Last Updated 9:35 AM, Jul 26, 2017

Unisba Gelar Workshop “Manajemen Perkuliahan dengan OneNote” dan “Technical Support Microsoft Office 365”

Published in Berita
Read 679 times
Rate this item
(0 votes)

HUMAS-Guna meningkatkan aplikabilitas Microsoft Office 365, Unisba kembali menggelar Workshop bagi Dosen, Tenaga Kependidikan (tendik), dan mahasiswa Unisba. Workshop kali ini bertema, “Manajemen Perkuliahan dengan OneNote dan Technical Support Microsoft Office 365”. Workshop ini menggagas dua tema sentral yakni, "Manajemen Perkuliahan dengan OneNote dan Aplikasi Office 365", dan "Technical Support Office 365 dan Software Aplikasi Microsoft". Kegiatan ini akan dilaksanakan satu hari, Selasa (21/2) di dua tempat yang berbeda, Aula Utama dan Student Centre (SC) Unisba, mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, Unisba merupakan salah satu PT di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Microsoft dalam hal penyediaan produk-produk  software beserta lisensinya. Rektor Unisba, Prof.DR.dr. M. Thaufiq Boesoirie,MS.,Sp.,THT., KL. (K), mengatakan, kerjasama ini dilakukan sebagai  salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan Unisba kepada seluruh sivitas akademika. “Untuk sosialisasi dan memandu penggunaan office 365 dan software aplikasi microsoft ini kami membentuk Tim Admin, dan kami bagikan secara cuma-cuma Microsoft 365 ini kepada seluruh mahasiswa, dosen dan tendik Unisba,” jelas Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor I, DR. Ir. Rakhmat Ceha, M.Eng. menjelaskan, sejak dibentuk pada September 2016 lalu, Tim Admin 365 konsisten untuk meningkatkan jumlah user baik dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa dalam memanfaatkan Microsoft. “Tim Admin sudah mengelola 75% dari total 10.000 lisensi office 365, namun hingga kini baru 40% yang aktivasi,” jelas Warek I.

Senada dengan itu, Ketua Tim Admin 365, Erwin Harahap, S.Si.,M.Sc., mengatakan, sosialisasi selama ini dilakukan secara rutin diantaranya dengan mengadakan workshop. Workshop pertama telah dilakukan pada tanggal 22-24 November 2016 (untuk dosen dan tendik) dan tanggal 19 Desember 2016 (untuk mahasiswa). “Dalam rangka upgrading untuk memanfaatkan Office 365 dan sebagai tindak lanjut dari workshop sebelumnya, Tim Admin kembali mengadakan dua workshop di bulan Februari ini bagi dosen, tendik, dan mahasisiwa dengan mengangkat dua tema sekaligus,” kata Erwin yang menyelesaikan  pendidikan S2 di  jurusan Computer Scince di KEIO University Japan dan kini sedang menempuh S3 program Doktoral (Phd.) pada jurusan dan universitas yang sama.  Adapun tema workshop kali ini, lanjutnya, adalah, “Manajemen Perkuliahan dengan OneNote dan Aplikasi Office 365 dan Produk-produk Microsost”, dan “Technical Support Office 365”.

Workshop manajemen perkuliahan, akan membahas materi mengenai aplikasi OneNote yang terintegrasi pada Office 365. Aplikasi OneNote sudah banyak digunakan untuk sharing informasi dan data oleh Marketing Division, IT, Production dan berbagai bidang lain di perusahaan-perusahaan berskala besar. “OneNote juga dapat diadopsi untuk sharing data dan informasi di kampus, seperti materi-materi kuliah, handout, kuis, tugas, dll.,” tambah Erwin.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan tablet PC, lanjutnya, OneNote ini dapat difungsikan sebagai aplikasi pengganti buku catatan. Coretan-coretan yang tertera di papan tulis dapat langsung dicatat menggunakan pen stylus, kamera maupun menggunakan telunjuk pribadi dan secara realtime teman sekelas yang memiliki akses dapat langsung melihat juga melakukan editing catatan tersebut.

Adapun pada workshop dengan tema “Technical support Office 365”, akan dibahas materi seputar Office 365 mulai dari penjelasan produk,  langkah-langkah instalasi, serta pemanfaatan Office 365 dengan mengusung tagline “Work Everywhere”, yang dibuktikan dengan kompatibilitas produk ini di berbagai macam perangkat (PC, tablet, dan Smartphone) serta fitur cloud yang membuat Office 365 ini dapat kita akses secara online. Semua materi ini akan disampaikan langsung oleh Tim Admin dalam workshop yang akan dilaksanakan  secara bersamaan pada hari Selasa, (21/2) mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Bagi sivitas akademika Unisba yg berminat mengikuti workshop kunjungi link www.bit.ly/365feb2017(sari)