Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Hadapi Revolusi Industri 4.0, FK Unisba Gelar Scapula

Hadapi Revolusi Industri 4.0, FK Unisba Gelar Scapula

KOMINPRO-Sebagai langkah menyikapi proses pembelajaran pada era Revolusi Industri  4.0 yang berdampak pada bidang pendidikan, Fakultas Kedokteran (FK) Unisba menggelar Symposium Medical and Workshop Scapula “Health Research Industrial 4.0” di Banana Inn Hotel Bandung, Minggu (23/05).

Dekan FK Unisba, Prof. Dr. Ieva B. Akbar, dr., AIF. mengatakan, saat ini FK Unisba sudah menerapkan salah satunya sistem pendidikan elearning dalam rangka menghadapi era 4.0 ini yang sudah dimulai dari angkatan 2015. “Tahun 2015 sudah menyamakan masa studi  menjadi tujuh semester diprogram akademik dibandingkan sebelumnnya bisa sampai enam tahun,” katanya.

Dekan menghimbau para mahasiswa untuk lebih serius dalam proses pendidikan saat ini untuk menyikapi berbagai hal di era 4.0 ini. “Kalau kita tidak mengikuti di era 4.0 ini akan tercecer dan ketinggalan dengan berbagai perubahan,” ujar Dekan.

Walaupun usia FK baru menginjak 15 tahun, Dekan meyakini FK Unisba mampu fokus untuk tinggal landas dengan mengikuti berbagai perubahan diera 4.0 ini untuk siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Dikatakan Dekan, kualitas dan fasilitas sebuah institusi salah satunya bergantung dari penelitian. Tema yang diambil dalam worksop ini menurutnya sangat penting karena penelitian tidak hanya dituntut untuk para dosen  sebagai salah satu faktor kenaikan pangkat tapi juga untuk mahasiswa.

Harapannya, mahasiswa FK Unisba dapat lebih serius dan giat untuk mengikuti berbagai metode yang harus dimiliki dan dikuasai diera Revolusi Industri 4.0 ini sehingga berdampak signifikan untuk proses atau program pendidikan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa FK Unisba angkatan 2016 dan diikuti oleh mahasiswa FK Unisba dari berbagai angkatan. Narasumber pada workshop ini adalah Dr. Mochammad Fadjar Wibowo, M.Med.Sc.(Digital Health Consultant), Surahyo Sumarsono, B.Eng, M.Eng.Sc., Ph.D. (Researcher and Consultant), Dr. Ninuk Kusumawardani, SKM., M.Sc., Prof. Dr. H. Atie Rachmiatie, M.Si. (Ketua LPPM Unisba) dan Angga Wiratama Lokerswara, S.Ked. (Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia).***