Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  FMIPA Unisba Jadi Tuan Rumah MIPAnet Schools 2020

FMIPA Unisba Jadi Tuan Rumah MIPAnet Schools 2020

KOMINPRO-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unisba dipercaya menjadi tuan rumah MIPAnet Schools yang diselenggarakan di Audiotorium Lt. 8 Gedung Dekanat Unisba, pada Jumat s.d. Minggu (21 s.d. 23/02).

Program yang menjadi  pembuka rangkaian kegiatan Milad ke 62 Unisba ini, mengusung tema “Pemodelan Data dengan Model Proses Stokastik”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 mahasiswa dari 5 perguruan tinggi di Indonesia yaitu Unisba, IPB, Universitas Sriwijaya, Universitas Pattimura dan ITB.

Pada kesempatan ini, Unisba menjadi perguruan tinggi pertama yang menyelengarakan program ini ditahun 2020.  Hadir sebagai pembicara pada kegiatan ini yaitu Dr. Suwanda, MS. (Dekan FMIPA Unisba), Suliadi, Ph.D., Dr. (Dosen FMIPA Unisba), Aceng Komarudin Mutaqin, M.T., M.Si. (Dosen FMIPA Unisba), Prof. Dr. Sutawanir Darwis (Dosen FMIPA Unisba), dr. Yuli Susanti, M.M. (Dosen F. Kedokteran Unisba), Prof. Dr. Budi Nurani (Dosen FMIPA Unpad), dan Sapto Wahyu Indratno, M.Si., Ph.D. (Dosen FMIPA ITB).

Dekan FMIPA Unisba,  mengatakan, tema ini diangkat karena proses stokastik merupakan bidang kajian yang belum terkelola dan memerlukan konsep yang tidak sederhana. “Dalam pelaksanaannya nanti, kita akan mencoba menyederhanakan agar bisa memotivasi untuk menggairahkan sehingga tertarik pada proses stokastik ini,” jelasnya.

Sementara itu, Warek I Unisba, Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D. berharap, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja institusi terutama untuk program studi dan fakultas.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal MIPAnet, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, M.Sc., mengatakan, MIPAnet merupakan jaringan kerjasama nasional lembaga pendidikan tinggi bidang MIPA. Lembaga ini sudah digagas sejak lama dan eksis sejak tahun 2000.

Dekan FMIPA ITB ini menjelaskan, anggota dari MIPAnet merupakan bidang MIPA se-Indonesia yang berada di perguruan tinggi negeri maupun swasta, termasuk UIN dan lainnya. MIPAnet beranggotakan lebih dari 80 fakultas dan sekolah yang berkontribusi dalam bidang MIPA baik matematika, fisika, kimia, astronomi, geoligi, komputer dan lainnya.

Lebih jauh dia mengatakan, MIPAnet Schools merupakan salah satu inovasi kegiatan pada program kerjanya dalam peningkatan kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia. kegiatan ini memiliki tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk mendapatkan pengalaman belajar tingkat lanjut dalam topik/bidang perkuliahan tertentu. Selain itu, program ini dirancang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan belajar mandiri.***