Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  FMIPA Unisba Berperan dalam Menjawab Tantangan Bidang Farmasi

FMIPA Unisba Berperan dalam Menjawab Tantangan Bidang Farmasi

KOMINPRO-FMIPA Unisba memiliki peran strategis dalam menjawab tantangan-tantangan dalam bidang farmasi yaitu memediasi interaksi untuk terciptanya kerjasama yang harmonis antara prodi farmasi dengan prodi-prodi lain di lingkungan FMIPA, dosen-dosen ilmu dasar, fakultas lain dan lembaga terkait di Unisba, serta universitas lain baik di dalam maupun luar negeri. Demikian disampaikan dosen program studi farmasi Unisba, Dr. Suwendar, M.Si. Apoteker dalam menyampaikan orasi ilmiah “Peran FMIPA Unisba dalam Menjawab Tantangan pada Bidang Farmasi” dalam kegiatan Tasyakur Bi’nimah Milad ke 46 FMIPA Unisba di Aula Unisba, Selasa (20/08).

Dikatakannya, diera Revolusi Industri 4.0 ini, tantangan dalam bidang farmasi tidak bisa diatasi oleh Prodi Farmasi Unisba saja. Perlu kerjasama dengan disiplin illmu lain yang saling beriringan satu sama lainnya dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi. “Disini farmasi akan ketinggalan jika tidak memasukan teknologi informasi,” ungkapnya.

Di Unisba, interaksi lintas fakultas dan lembaga terkait yang dapat berkolabirasi dengan farmasi yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Hukum, LPPM dan LSIPK. Namun,  interaksi dengan FK merupakan irisan paling banyak karena adanya keterikatan antara keduanya. “FK dengan pengobatan sedangkan farmasi dengan perobatan yang sama-sama memahami seluk beluk obat dari hulu ke hilir untuk pembuatan dan penggunaannya,” katanya.

Sementara itu, Dekan FMIPA Unisba, Dr. Suwanda, MS., mengatakan, diusianya saat ini, FMIPA Unisba terus mengalami kemajuan sebagai hasil usaha civitas akademika mulai dari pendiriannya hingga saat ini. Dekan mendorong civitas akademika FMIPA Unisba untuk selalu menselarakan dan memahami visi FMIPA dalam  mencapai  visi Unisba menjadi perguruan tinggi Islam yang mandiri, maju dan terkemuka di Asia.

Wakil Dekan III FMIPA Unisba, mengungkapkan, di Milad kali ini, FMIPA Unisba fokus dengan berbagai aspek, salah satunya melalui kerjasama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi baik didalam maupun luar negeri seperti Unpad, ITB, Kimia Farma, Bio Farma, Universiti Putra Malaysia dan lainnya. Selain itu, FMIPA Unisba juga fokus kepada peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa. “Dosen fokus kepada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan mahasiswa, support dengan mengikuti berbagai lomba tingkat universitas, wilayah, nasional dan internasional. Dari 1200 mahasiswa aktif, sekitar 150 orang ikut berbagai lomba,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, F. MIPA Unisba memberikan penghargaan kepada pendiri dan dosen yang sudah mengabdi hingga pensiun. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada dosen, tendik, laboran dan 83 orang mahasiswa berprestasi.

Disamping itu, ketiga program studi F. MIPA Unisba yaitu Farmasi, Statistika dan Matematika, membuka stand pameran untuk memamerkan hasil karyanya kepada peserta dan tamu undangan. (Eki)