Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Fikom Unisba Gelar Pelatihan Komunikasi Era New Normal

Fikom Unisba Gelar Pelatihan Komunikasi Era New Normal

KOMINPRO-Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang bertajuk “Pelatihan Keterampilan Komunikasi Efektif dalam Pemberdayaan Keluarga Binaan pada Masa New Normal” di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu-Kamis (3-4/03).

Pelatihan ini diikuti 15 orang tenaga motekar dari Kecamatan Majalaya yang dilaksanakan secara offline dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan  menghindari kerumunan.

Narasumber yang mengisi kegiatan ini diantaranya Rini Rinawati (Wakil Dekan 2 Fikom Unisba), Ferry Darmawan (Wakil Dekan 3 Fikom Unisba) Dedeh Fardiah (Kaprodi  Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unisba) dan  Nia Kurniati (Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Unisba).

Ketua PKM Rini Rinawati mengatakan, pelatihan ini menawarkan solusi dalam memberikan bekal keterampilan komunikasi kepada Motekar (Tenaga Motivator Ketahanan Keluarga) yang memiliki tugas membantu pemerintah dalam rangka membangun ketahanan keluarga namun memiliki kekurangan keterampilan komunikasi. “Hal ini berdampak pada efektifitas kegiatan pemberdayaan dan menjadi kendala dalam melakukan komunikasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu Rini menuturkan, tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman  mengenai komunikasi yang efektif  secara verbal maupun nonverbal dan memberikan pemahaman komunikasi yang efektif  dalam kajian Islam.

Program PKM ini kata Rini merupakan kegiatan rutin kolaborasi antara dosen dan mahasiswa yang didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Unisba, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi fenomena hambatan berkomunikasi yang terjadi di masyarakat terlebih pada masa new normal.***

Translate »