Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Fikom Unisba dan PPI UK Gelar Pelatihan Special Event Management Secara Virtual

Fikom Unisba dan PPI UK Gelar Pelatihan Special Event Management Secara Virtual

KOMINPRO-Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba bekerjasama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara virtual dengan tema Special Event Management pada Sabtu (27/3). Kegiatan ini diikuti peserta mahasiswa dan umum yang berada di Indonesia dan Inggris.

Narasumber dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah dosen-dosen Bidang Kajian Public Relations Fikom Unisba yang memiliki pengalaman dalam pengelolan event seperti Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si yang menyampaikan materi Perencanakan Special Event, ME Fuady, S.Sos., M.Si yang membahas Management Event dan Seating Arrangement, dan Nova Yuliati, S.Sos., M.I.Kom yang menyampaikan materi tentang Master of Ceremony (MC). Semua materi disertai simulasi dalam konteks event offline dan virtual.

Wakil Dekan I Fikom Unisba Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si., mengungkapkan, pelatihan ini menjadi sumbangsih akademisi sekaligus praktisi kepada publik, khususnya pelajar Indonesia di Inggris. “Di masa pandemik seperti ini, keterampilan pengelolaan special event yang baik sangat dibutuhkan. Event tidak lagi bersifat offline atau tatap muka langsung, setiap institusi mengemasnya secara virtual, meski ada pula paduan keduanya atau hybrid“, kata Ani.

Salah satu narasumber, M.E. Fuady membahas seating arrangement dalam berbagai konteks. “Seating Arrangement atau pengaturan tata tempat ini diterapkan dalam acara resmi. Bila dilakukan secara virtual, pejabat atau VIP mendapat hak untuk ditampilkan di posisi depan atau mendapat spotlight sehingga peserta dapat dengan mudah mengikuti dari layar gadget masing-masing”, tegas Fuady. “Para pelaku upacara menjadi bagian dari konten penting yang dapat diperhatikan para peserta secara virtual“, kata dosen Fikom Unisba ini.

Ketua PPI UK, Gatot Subroto menyatakan, pelatihan ini diperlukan menimbang para pelajar Indonesia di Inggris banyak terlibat dengan penyelenggaraan acara yang mempromosikan budaya Indonesia. “Tahun ini, kami terlibat dalam kompetisi budaya, olahraga, dan konperensi Internasional. Kemampuan mengelola special event tersebut akan meningkatkan reputasi kami para pelajar Indonesia”, ungkap Gatot.

“Buat kami, setiap event memiliki peran strategis sebagai diplomasi publik.  Kesuksesan event yang ditangani PPI tentunya akan berkontribusi pada martabat dan  reputasi Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara”, tegas Gatot.***

Translate ยป