Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Fakultas Syari’ah Unisba Observasi Hilal Ramadhan

Fakultas Syari’ah Unisba Observasi Hilal Ramadhan

KOMINPRO-Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (Unisba) melakukan kegiatan observasi hilal ramadhan 1440 Hijriah, Minggu (5/5) di Pondok Bali, Subang. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan Fakultas Syariah dalam mengembangkan bidang keilmuan astronomi Islam/ilmu falak. Ilmu Falak, menjadi salah satu bidang keilmuan yang menjadi pilihan konsentrasi mahasiswa Prodi Ahwal al-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam)

Kegiatan ini bertujuan, memberikan kesempatan kepada peserta didik (mahasiswa) untuk terjun langsung dalam pengamatan hilal serta mengetahui bagaimana kondisi dan situasi selama Rukyatul Hilal berlangsung.

Dalam melakukan oberservasi hilal ini mahasiswa didampingi para dosen Ilmu Falak senior, yakni, Tb. Hadi Sutiksna, Fahmi Fatwa Rosyadi, dan Encep Abdul Rojak. Rukyatul hilal (observasi) kali ini merupakan kerjasama antara Fakultas Syariah Unisba dengan Imah Noong.

“Meski cuaca di Pondok Bali kemarin kurang bersahabat, yang menyebabkan hilal tertutupi oleh awan tebal di ufuk barat, namun esensi rukyat alhamdulillah bisa melekat di hati para peserta kegiatan, dalam membumikan ilmu falak di Indonesia,” kata Fahmi.

Pada kesempatan ini, Tim Hisab Rukyat dari BHRD kota Bandung dan mahasiswa dari perguruan tinggi lain turut  hadir di lapangan, melakukan kegiatan rukyatul hilal di Pondok Bali bersama-sama.(Sari)