Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Fakultas Syariah Unisba dan Imahnoong Lakukan Ekspedisi GMC di Singkawang

Fakultas Syariah Unisba dan Imahnoong Lakukan Ekspedisi GMC di Singkawang

KOMINPRO-Fakultas Syariah Unisba bekerjasama dengan Imahnoong menggelar ekspedisi Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kota Singkawang Kalimantan Barat pada Rabu s.d. Jumat (25 s.d. 27/12). Penentuan kota ini sebagai lokasi ekspedisi GMC karena Singkawang merupakan salah satu wilayah yang dilintasi GMC sepanjang garis dari Barat ke Timur dan lokasi strategis untuk menyaksikan bayangan bumi secara utuh berbentuk cincin.

Pada kesempatan ini, dua orang dosen Fakultas Syariah Unisba diutus untuk mengikuti ekspedisi ini yaitu dosen pengampu Ilmu Falak,  Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani, S.Sy, M.Si. dan Wakil Dekan III F. Syariah Unisba, Amrullah Hayatudin, S.H.I., M.Ag. Selain itu, tim dari Imahnoong sebanyak enam orang terdiri dari Hendro Setyanto selaku ketua tim ekspedisi, Sri Wakhidah Rahayuningsih, Mizwala Aulia Wulandari, Muhammad Fikri Zidandaru, Latifah Aulia Putri, dan Fahri Ahmad Wijaya.

Tim ekspedisi menentukan lokasi pengamatan di Pantai Samudera Indah Bengkayang yang berada di koordinat 0°50’14” Lintang Utara (LU) dan 108°51’58” Bujur Timur (BT), berdasarkan peta lintasan GMC 2019. Beberapa instument yang digunakan pada pengamatan GMC ini  menggunakan beberapa alat seperti Sky Quality Meter (SQM) untuk mendapatkan pengaruh intensitas cahaya dan suhu udara saat terjadi gerhana. Kemudian tiga buah teleskop berikut kamera ccd ASI ZWO 78MM, Teropong Hydrogen Alpha, kamera DSLR Mirrorless, dan alat-alat lainnya.

Kondisi yang cerah dan bersahabat di sekitar lokasi memberikan kemudahan bagi tim ekspedisi dalam pengambilan citra dan pengolahan data GMC. Dari mulai kontak pertama terjadi pada pukul 10:43:35, awal cincin pukul 12:40:45, puncak GMC pukul 12:42:42, akhir cincin 12:44:26, hingga berakhir pada pukul 14:31:46 waktu setempat.

Selama prosesi GMC ini, sebagian masyarakat setempat turut serta dalam pengamatan bersama di Pantai Samudera Indah serta diikuti rangkaian shalat gerhana matahari. (Fahmi/Eki)