Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Karya   /  ERA BARU PENDIDIKAN DAKWAH

ERA BARU PENDIDIKAN DAKWAH

Dr. H. Bambang S. Maarif (Dosen  Fakultas  Dakwah Unisba) – Kiprah yang telah dirintis para pejuang Muslim di Indonesia sejak tahun 1958, menyuratkan pentingnya berjuang di bidang pendidikan.  Pendidikan merupakan suatu lokomotif kemajuan bagi suatu bangsa. Adalah  M. Natsir (Mantan Perdana Menteri RI) dan kawan-kawan beliau dipandang sebagai peletak dasar perguruan tinggi berlandaskan nilai-nilai Islam, termasuk Universitas Islam Bandung (Unisba). M. Natsir sebagai seorang negarawan menorehkan pemikiran yang mendahului jamannya, yaitu  ketika beliau menegaskan didirikannya perguruan tinggi keagamaan di Indonesia, dari rahim umat Islam.

 

Fakultas Dakwah Unisba, merupakan salah satu embrio dari berbagai fakultas di Unisba. Dalam rentang waktu 54 tahun, sejak didirikan (1961), Fakultas ini melahirkan banyak lulusan yang berkiprah dalam kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Mereka tersebar di berbagai penjuru dunia dan seantero negeri tercinta ini. Para lulusan Fakultas Dakwah Unisba telah berperan aktif dalam membina kehidupan masyarakat di bidang keagamaan.  

Dalam pengembangannya Fak. Dakwah mengalami perubahan nama, dari nama Fakultas Ushuluddin, menjadi  Fakultas Dakwah (2005). Langkah itu diambil agar lebih fokus pada disiplin dakwah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, melampaui batasan kenegaraan. Fakultas ini terakreditasi pada BAN-PT Dikti, dan tersertifikasi oleh ISO 9001.

 

 Dakwah Islam dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:  mimbariah (public speaking), sosial dan ekonomi, seni dan budaya, perenungan dan dzikir dan pemberian ketenangan batin, bimbingan dan konseling keluarga dan masyarakat Muslim, menuju kemajuan sesuai ajaran Islam. Persoalan kehidupan keagamaan dijawab sesuai dengan norma agama yang terkembang dalam altar peradaban. Agenda-agenda dakwah disesuaikan dengan kondisi objektif  masyarakat yang diserunya, tanpa menghilangkan nilai Islam.

 

Era  Global membawa kita kepada fenomena yang enigmatic (penuh pertanyaan). Dakwah Islam abad ke-21 menunjukkan geliat-spirit (ghirah) yang makin kuat. Kaum Muslimin yang semula enggan – untuk tidak menyatakan  abai – menjalankan agamanya, kini mau mengkaji agamanya dengan lebih intens. Namun intensitas itu perlu diberi kualitas yang lebih baik.

         

Memasuki Abad ke-21, pendidikan dakwah tidak semata berhenti pada disiplin ilmu  keagamaan murni, namun sudah berintegrasi dengan multidisiplin lainnya. Era global mendekatkan berbagai belahan dunia. Media massa,  yang  disusul dengan media jejaring sosial,  membawa warga dunia kepada satu keterhubungan (connectedness). Informasi memainkan peranan penting dalam  wacana publik.  Era Global membawa kepada satu kesadaran baru dalam hubungan agama dengan berbagai sisi kehidupan melalui media.

 

           Situasi kontemporer tersebut turut mewarnai pendidikan kedakwahan. Fakultas Dakwah pun merevitalisasi diri sesuai dengan tuntutan jaman. Selain peningkatan kurikulum,  Fakultas Dakwah Unisba dilengkapi beberapa laboratorium, yaitu: Lab. Siaran Radio dan TV, Lab. Multimedia, Lab. Produksi film dan Lab Bahasa. Semua itu diperuntukkan bagi mahasiswa agar menguasai dengan baik berbagai bidang: Multimedia, Praktisi Komunikasi Massa, Manajer Organisasi, Bimbingan dan Konseling Keluarga Muslim, dan Industri Kreatif yang bernuansa dakwah. Satu corak Fakultas Dakwah Unisba adalah kebersamaan dan kekeluargaan tanpa mengurangi semangat akademik. Berbagai kiprah itu dan atas bimbingan Guru Besarnya, Prof. Dr. KH. Miftah Faridl, maka Fakultas Dakwah Unisba meraih AIMA (Audit Internal Mutu Akademik) tertinggi se-Unisba tahun 2013 dan 2014.  Para dosennya  pun mendapatkan hibah Penelitian dari Dikti 2013,  2014 dan 2015. 

        

Dakwah di Era Global membutuhkan tenaga muda yang tangguh, cerdas dan berakhlak mulia, untuk sama-sama mewarnai dakwah dengan sentuhan kreatif dan inovatif. Generasi muda tidak perlu galau dan putus asa. Jaman mengalir dengan berbagai pesonanya yang tiada henti. Generasi muda tidak seharusnya berhenti di persimpang jaman, tapi bergerak maju dan meraih cita-cita. Fakultas Dakwah selalu terbuka, mengajak calon mahasiswa untuk bergabung dalam  gerbong dakwah di Unisba, untuk bersama-sama membangun bangsa dan negeri tercinta menjadi lebih baik, sebagai upaya untuk meraih Ridha Ilahi.