Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Dekan FK Dorong Penelitian Untuk Peningkatan Performa Institusi

Dekan FK Dorong Penelitian Untuk Peningkatan Performa Institusi

KOMINPRO-Dewasa ini, penelitian di Indonesia terus menunjukan kemajuannya dengan merajai Scopus di Asia Tenggara berdasarkan sumber Scopus, 25 Juli 2019. Walaupun demikian, Kemenristekdikti terus mendorong dosen untuk terus melaksanakan penelitian penulisan jurnal yang terindeks Scopus. Melihat hal tersebut, Fakultas Kedokteran (FK) Unisba terus mendorong dosennya untuk meningkatkan kualitas penelitian dengan menyelengarakan Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian yang diselenggarakan di Audiotorium FK Unisba, pada Senin (29/07).

Dekan FK Unisba, Prof. Dr. Ieva B. Akbar, dr., AIF., mengatakan, diawal berdirinya, FK Unisba hanya fokus pada proses pendidikan dalam menghasilkan output atau outcome dari anak didiknya untuk menjadi dokter yang berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik. Namun saat ini, dengan peningkatan sumber daya manusia yang dimilikinya, FK Unisba mampu memberikan sumbangsih terhadap peningkatan program penelitian dalam meningkatkan performa institusi. “Semua dosen itu sudah tidak ada S1. Dengan demikian kita lebih fokus terhadap penelitian,” ungkap Dekan.

Lebih jauh, diusianya yang masih sangat muda dibandingkan dengan FK diinstitusi pendidikan lain di Jawa Barat, FK Unisba mampu berjalan dengan sangat baik dari segi pendidikan, baik untuk Pendidikan Dokter maupun Profesi Dokter.

Disamping itu, raihan tersebut harus tetap diwaspadai terhadap pengembangan berbagai institusi yang luar biasa dalam menghadapi era industri 4.0. “Kita harus mawas diri, mengembangkan dan  maju terus. Tidak boleh terlena karena diluar itu kompetitor kita luar biasa berkembangnya,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua pelaksana, Dr. Lelly Yuniarti, S.Si, M.Kes., mengatakan, kegiatan ini terselenggara dalam rangka meningkatkan kualitas dosen FK Unisba dalam bidang penelitian. Tujuan workshop ini, menurutnya, untuk peningkatan sumber daya dalam bidang kemampuan pembuatan proposal penelitian, peningkatan kualitas dan daya saing dalam persiapan pelaksanaan teknis penelitian serta untuk peningkatan perolehan hibah dari internal maupun eksternal.

Pelaksanaan workshop ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni pembuatan proposal hibah penelitian, tutorial atau pelatihan bersama fasilitator dalam bentuk penyusunan proposal dan persentasi dari proposal yang dihasilkan.

Sebanyak 80 orang yang terdiri dari 56 dosen pretimik dan 24 presektor dari Rumah Sakit jejaring menjadi peserta dalam workshop ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan tersedianya sumber daya yang memiliki kompetensi dalam bidang penelitian, peningkatan proposal penelitian berkualitas dan peningktaan dosen yang memperoleh hibah baik internal maupun  eksternal. (Eki/Wiwit)