Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Eksistensi Alumni Penting Bagi Pengembangan Institusi

Eksistensi Alumni Penting Bagi Pengembangan Institusi

KOMINPRO-Peran alumni sangat penting dan diperlukan bagi pengembangan institusi, mengingat kontribusi alumni tercantum pada Borang Akreditasi yang wajib diisi.

Demikian disampaikan Wakil Rektor (Warek) III Unisba, H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si. saat menyampaikan sambutannya dalam acara Temu Alumni Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Hukum (FH) Unisba di Hotel Horison Bandung, Sabtu (02/02). Kegiatan ini diikuti 860 orang alumni mulai dari angkatan 1973 hingga 2014. Pada kesempatan ini, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. memberikan penghargaan kepada Ketua IKA FH Unisba, Prof. Dr. H. Undang Mugopal, S.H., M.H. atas dedikasi dan kontribusinya dalam pengembangan IKA FH Unisba periode 2017-2020.

“Luar biasa untuk FH, baru kali ini kegiatan IKA Fakultas di Unisba menghadirkan jumlah peserta yang banyak dibandingkan dengan IKA Fakultas lain. Saya sangat apresiasi kegiatan ini. Dari kegiatan ini tinggal menerjemahkan apa saja yang dilakukan supaya borang akreditasi terisi dengan baik,” katanya.

Unisba saat ini sedang mengembangkan tracer study. Adanya kegiatan semacam ini diharapkan para alumni yang berjumlah ± 36.000 orang, termasuk di dalamnya dari IKA FH dapat mengisi tracer study secara online agar data alumni Unisba dapat terarsip. “Ini akan membanggakan kami dan menjadi kontribusi pengembangan bagi Unisba,” ujar Warek III.

Sementara itu, Dekan FH Unisba, Prof. Dr. Nandang Sambas, S.H., M.H., mengungkapkan rasa bahagianya bisa mengumpulkan alumni FH Unisba dan akan rutin setiap tahun mengadakan kegiatan seperti ini. ”Yang lebih penting dari kegiatan ini disamping banyak yang hadir, bagi peningkatan akreditasi adalah  alumni baik sebagai profesi maupun yang ada dimana saja untuk meluangkan waktu mengisi formulir di tracer study  lulusan Unisba,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IKA FH Unisba, Prof. Dr. H. Undang Mugopal, S.H., M.H., mengungkapkan, selama dua tahun menjabat sebagai ketua IKA FH Unisba sudah membawa  IKA FH Unisba berbadan hukum dan tercatat di Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sehingga memberikan peluang untuk bekerjasama dengan berbagai pihak.

Beliau berpesan untuk bangga menjadi alumni FH Unisba. Banyaknya yang hadir pada kegiatan ini  menurutnya, merupakan suatu keberhasilan.

Ketua Pelaksana Temu Alumni FH Unisba, mengatakan, acara ini merupakan puncak dari kegiatan IKA FH Unisba dengan tema “Bakti Alumni Untuk Negeri”.  Kegiatannya diawali dengan Seminar terkait dengan  pemberdayaan dan pengelolaan  desa yang bekerjasama dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) pada Desember 2018, bakti sosial untuk kemanusiaan dan kegiatan lainnya.

Menurutnya, ribuan alumni FH Unisba sudah banyak yang berkiprah dan memberikan sumbangannya kepada negara. “Ada yang menjadi PNS, hakim, jaksa, notaris, swasta, TNI, Polri dan di dunia pendidikan seperti dan Rektor Unisba. Ada juga yang menjadi calon anggota legislatif,” paparnya.(Eki/Sari)