Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Dosen Fikom Unisba Lakukan Kuliah Tamu di USIM Malaysia

Dosen Fikom Unisba Lakukan Kuliah Tamu di USIM Malaysia

KOMINPRO-Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba) melaksanakan muhibah ilmiah dengan melakukan visiting lecture (kuliah tamu) serta menghadiri konferensi internasional di  Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), pada Rabu-Kamis (11-12/12). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari kunjungan Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH.,MH akhir tahun lalu.

Kuliah tamu yang dilakukan dihadapan mahasiswa Faculty of Leadership and Management USIM ini pertama kalinya dilaksanakan dengan menghadirkan kuliah tamu oleh tiga dosen Fikom Unisba yang masing-masing mewakili bidang kajian di Fikom Unisba. Ketiganya adalah Dr. Septiawan Santana K, M.Si (Dekan Fikom sekaligus mewakili bidang kajian Jurnalistik) dengan judul “Pers Investigasi : Konsep dan Praktik di Indonesia”, Dr. Ani Yuningsih (Wakil Dekan 1 Fikom sekaligus mewakili bidang kajian Humas) dengan judul “Diplomasi Publik dalam Perspektif Hubungan Masyarakat Internasional” dan Dr. Ike Junita Triwardhani (Sekretaris LPPM Unisba yang mewakili bidang kajian Manajemen Komunikasi) dengan judul “Menangkap Budaya Lokal Sehari-hari untuk Mendukung Kampanye Pemerintah”.

Dekan Fikom Unisba, mengatakan, muhibah ini merupakan langkah Fikom Unisba dalam menggalakkan kerja sama yang menguntungkan antara kedua belah pihak. Dikatakannya, Fikom Unisba banyak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tetapi selama ini belum melakukan banyak kegiatan ilmiah yang diarahkan oleh pihak fakultas. “Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan SDMnya akan semakin terpacu untuk mengembangkan dirinya dan mem-branding Fikom Unisba tak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri,” ungkapnya.

Kegiatan lainnya yang diikuti yaitu konferensi internasional ICIMaC 2019 yang diselenggarakan oleh USIM. Dalam konferensi internasional ini, selain menghadirkan pembicara tamu dari TV Aljazeera, akademisi dari USIM dan University of Melbourne Australia, dilaksanakan pula pemaparan makalah artikel ilmiah dari para peserta. Pada kesempatan ini, Fikom Unisba mengirimkan 13 delegasi yang mewakili enam kelompok dan melakukan pemaparan artikel ilmiahnya. Keenam paper yang dipresentasikan itu akan dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus yang dikelola oleh pihak USIM – setelah melalui serangkaian proses seleksi.

Kehadiran para dosen Fikom Unisba di USIM juga merupakan kelanjutan dari kegiatan Matching Research yang sudah dilaksanakan mulai awal 2019. Kegiatan ini diawali dengan diselenggarakannya teleconference antara Fikom Unisba dengan USIM beberapa waktu yang lalu. Disela-sela kegiatan konferensi tersebut, para dosen Fikom Unisba bertemu dengan tim risetnya dari USIM untuk mematangkan risetnya dan hal-hal teknis lainnya. Selain itu, pada kesempatan muhibah ilmiah ini, rombongan Dekanat Fikom Unisba melakukan pertemuan resmi dengan pimpinan Faculty of Leadership and Management USIM untuk menindaklanjuti kerja sama yang sudah terjalin sekaligus merencanakan beberapa kegiatan bersama yang akan dilakukan di masa yang akan datang.***